Top! Anak Panti Asuhan Jadi Lulusan Terbaik Pendidikan Bintara Polda Sulut

Nusantaratv.com - 03 Januari 2024

Anak panti asuhan jadi lulusan terbaik pendidikan bintara Polda Sulut.
Anak panti asuhan jadi lulusan terbaik pendidikan bintara Polda Sulut.

Penulis: Mochammad Rizki

​​​​​​Nusantaratv.com - Dismas Puyu (19) baru saja dilantik sebagai anggota Polri berpangkat brigadir dua (bripda), usai mengenyam Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) Gelombang II Tahun 2023 di SPN Polda Sulawesi Utara (Sulut). Yang membanggakan, ia lulus dengan peringkat terbaik.

Dismas meraih predikat Adi Trengginas. Nilai kesehatan jasmaninya tertinggi di antara 290 siswa Diktukba SPN Polda Sulut, yakni 91,25.

"Saya sungguh bersyukur, terima kasih kepada Tuhan yang memberikan kesempatan menjadi anggota Polri," ujar Dismas, Selasa (2/1/2024).

Dismas merupakan pemuda yang menghabiskan masa kecil hingga remajanya di Panti Asuhan Melania Langowan. Sejak usia 12 tahun, Dismas menghuni panti asuhan karena ayahnya meninggal dunia.

"Dari pertama umur 5 tahun, mama dan papa pisah. Saya lalu ikut mama, tinggal dengan mama sampai kelas 3 SD. Mama saat itu tiba-tiba pergi dan tidak diketahui ke mana. Saya lalu minta surat sekolah pindah sekolah ke kampung papa," kata Dismas.

"Sampai kelas 6 (SD di kampung ayah), dan sebelum lulus kelas 6 papa meninggal. Setelah itu ditawarkan suster untuk tinggal di panti, 'Nanti Panti tanggung sekolahnya'," sambung Dismas sambil menirukan kata-kata biarawati yang menawarkan dia tinggal di panti asuhan.

Dimas mengatakan keinginannya menjadi anggota Polri timbul saat mengikuti sosialisasi rekrutmen anggota Polri di sekolahnya, SMK Negeri 1 Langowan. Dari situ Dismas berlatih psikologis, akademik, dan fisik.

"Saya termotivasi setelah ada sosialisasi penerimaan Polri saat bersekolah di SMK. Itu yang memicu keinginan saya untuk menjadi Polisi dengan belajar dan berlatih," jelas dia.

"Persiapan belajar psikologi, akademik, saya dengan teman panti yang sama-sama tes ikut latihan jasmani dengan dilatih seorang komandan," sambung Dismas.

Namun hanya Dismas penghuni panti yang lolos seleksi. Dia pun berterima kasih kepada 'keluarga'-nya di Panti Asuhan Melania Langowan, terutama Suster Katarina Karepangan SJMJ, yang mengasuhnya.

"Yang membuat saya teguh itu kemauan diri sendiri, dukungan dan doa-doa dari teman-teman panti, para suster," ucap Dismas.

Ibunda Tiba-tiba Hadir di Pelantikan

Dismas mengatakan dirinya sempat terkejut melihat sosok ibunda, Selvia Fernatubun, hadir saat pelantikan dirinya menjadi anggota Polri, Kamis (21/12/2023). Dismas mengatakan Selvia meminta maaf pada dirinya karena sudah menghilang selama 9 tahun.

"Terkejut, tidak disangka, ada rasa bangga, senang juga," ungkap Dismas

"Mama sudah minta maaf, mama sudah meninggalkan sekian lama," lanjut dia.

Dismas menuturkan dirinya pun telah memaafkan Selvia, mengutip Detikcom. Bintara Direktorat Sabhara Polda Sulut ini menuturkan dirinya dan ibunda kini menjalin komunikasi kembali.

"Dan saya juga sudah maafkan mama, dan sekarang mama tinggal di Sulawesi Tengah," tandas Dismas.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close