TNI-Polri Rebut Senjata dan Lumpuhkan Tokoh KKB Abubakar Kogoya

Nusantaratv.com - 05 April 2024

Panglima Komando Gabungan Wilayah (Kogabwilhan) III Letjen TNI Richard T.H. Tampubolon
Panglima Komando Gabungan Wilayah (Kogabwilhan) III Letjen TNI Richard T.H. Tampubolon

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Panglima Komando Gabungan Wilayah (Kogabwilhan) III Letjen TNI Richard T.H. Tampubolon mengonfirmasi terjadinya kontak tembak antara Aparat Keamanan Gabungan TNI-Polri dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua di wilayah Distrik Tembagapura, Mimika Papua.

Kontak tembak tersebut dipicu oleh bunyi letusan senjata di Area Mile 69 Kali Kuluk Tembagapura. Akibatnya, para pendulang non karyawan atau masyarakat setempat melarikan diri ketakutan dan berlari ke arah Utikini. Merespons situasi tersebut, Aparat Keamanan Gabungan TNI-Polri yang terdiri dari Satgas Nanggala Damai Cartenz TNI-Polri bersama KOOPS HABEMA, segera merapat ke TKP dan kontak tembak terjadi.

Pasca kontak tembak, ditemukan dua orang korban jiwa di pihak KKB Papua, di antaranya diyakini salah satunya adalah Abubakar Kogoya, serta sebuah pucuk pistol. Sementara di pihak Aparat Keamanan Gabungan TNI-Polri, tidak ada laporan kerugian jiwa maupun senjata.

“Keberhasilan Aparat Keamanan Gabungan TNI-Polri dalam mereduksi kekuatan KKB kali ini merupakan bagian dari upaya untuk menjaga stabilitas keamanan demi lancarnya proses percepatan pembangunan di Papua,” ucap Letjen TNI Richard.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close