TNI Jelaskan Pernyataan Panglima Agus Soal Rencana Bangun 37 Kodam

Nusantaratv.com - 29 Februari 2024

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. (YouTube Kemhan)
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. (YouTube Kemhan)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Markas Besar (Mabes) TNI menjelaskan maksud dari pernyataan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto yang akan membangun 37 kodam. Menurut Kapuspen TNI Mayjen Nugraha Gumilar, bahwa angka yang disampaikan Agus merupakan jumlah total seluruh kodam, jika nantinya jadi dibangun. Saat ini, TNI AD memiliki 15 kodam dan rencananya akan dihadirkan 22 kodam baru, termasuk di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Yang benar menambah menjadi 37 dari sebelumnya 15 kodam, jadi penambahannya 22 kodam," ujar Kapuspen TNI Mayjen Gumilar dalam keterangannya, Kamis (29/2/2024).

Dia menegaskan kabar bahwa TNI akan mendirikan 37 kodam baru adalah keliru. Adapun pembangunan kodam, akan dilakukan secara bertahap.

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto berbicara terkait upaya meningkatkan kinerja pada 2024. Salah satunya membangun kodam di seluruh Indonesia, termasuk di IKN Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim), yang totalnya menjadi 37 kodam.

"TNI AD rencana akan membangun dan menggelar 37 kodam. Dari 37 kodam yang akan digelar 15 kodam diperkuat dengan korem, sedangkan 22 kodam tanpa korem di bawahnya, termasuk pembangunan kodam di IKN dan 2 batalion baru," kata Panglima TNI dalam Rapim TNI Polri 2024 di Mabes TNI, Jakarta, Rabu (28/2/2024).

Sementara untuk TNI AL, akan meningkatkan status pangkalan utama TNI AL (lantamal) menjadi komando operasi utama (kotama).

"TNI AL rencana akan melakukan peningkatan dan alih status lantamal menjadi kotama operasi dan pembinaan. Dengan nomenklatur kotama kelas A jumlah 8 lantamal, dan 6 lantamal menjadi kodamar kelas B. Serta pembangunan pasmar (pasukan Marinir) di IKN," kata dia.

Untuk TNI AU, akan dibangun lapangan udara (lanud) di Ibu Kota Nusantara, selain akan dibangun skuadron baru.

"TNI AU rencana akan membangun lanud di IKN, meningkatkan status 5 lanud tipe A, peningkatan status 2 lanud tipe B, pembentukan lanud tipe C dan pembentuk skuadron-skuadron baru," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close