TNI AL Beri Megawati Brevet Kehormatan Hidro-Oseanografi, Ini Alasannya..

Nusantaratv.com - 21 Juni 2023

Megawati Soekarnoputri menerima brevet kehormatan hidro-oseanografi. (Detikcom)
Megawati Soekarnoputri menerima brevet kehormatan hidro-oseanografi. (Detikcom)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - TNI AL memberikan brevet kehormatan hidro-oseanografi kepada Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. Megawati dinilai memiliki perhatian yang tinggi terhadap kemaritiman.

"Kami memberikan brevet kepada Ibu Mega karena memang cara pandang beliau dari dulu bervisi maritim," ujar Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya (Laksdya) TNI Nur Hidayat, Rabu (21/6/2023).

Pemberian brevet ke Megawati, seiring acara peringatan Hari Hidrografi Dunia ke-102 yang digelar Pushidrosal di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Hidayat menyinggung pengalaman Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) itu saat masih menjadi presiden. Menurut dia, Megawati memiliki semangat yang tinggi.

"Kemudian bagaimana beliau waktu jadi presiden sering on board di kapal, kadang sampai satu minggu di kapal, bagaimana keterbatasannya seorang wanita berada di kapal yang isinya di situ kalau dulu isinya masih laki-laki semua di KRI, beliau bisa on board di kapal. Beliau punya semangat tinggi," jelas dia.

Lebih lanjut, Hidayat menyambut baik banyaknya peneliti BRIN yang diikutsertakan ke Pushidrosal. Dia menyebut para peneliti BRIN mengembangkan survei batimetri atau pemetaan topografi di bawah air.

"Dalam hal ini saya berada di Pushidrosal, saya juga merasa tersanjung karena banyak sekali peneliti-peneliti dari BRIN yang diikutkan kepada kita. Artinya data yang kita dapatkan di lapangan bukan hanya sekadar untuk mendapatkan data batimetri, kemudian arus pasang surut bagaimana suhu laut bagaimana. Kalau itu bagi kami cukup, tapi bagi mereka tidak cukup," kata Hidayat.

Lebih lanjut, Hidayat mengaku diminta Megawati agar pihaknya memiliki hak intelektual atas data batimetri tersebut. Atas dasar itulah, sebutnya, Megawati layak mendapat brevet kehormatan hidro-oseanografi.

"Tadi Bu Mega juga menyampaikan kita harus punya hak Intelektual (atas peta). Kita bilang, kita di Pushidrosal peta yang digunakan peta internasional yang bisa jadi jaminan bagi kita semuanya. Dan kita juga mengikuti aturan-aturan sertifikasi internasional," jelas Hidayat.

"Sehingga sangat layak kami menyematkan brevet penghargaan kepada beliau, karena sangat concern sampai sekarang beliau sudah tidak menjadi presiden tapi masih jadi dewan pengarah masih seperti itu," sambungnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close