Tim SAR Temukan Black Box Pesawat Pilatus Smart Air

Nusantaratv.com - 12 Maret 2024

Tim SAR gabungan berhasil menemukan dan mengevakuasi black box dan Emergency Locator Transmitter (ELT) dari pesawat Pilatus PC-6 Porter PK-SNE di hutan Binuang. (Foto:  Tangkap layar Youtube ntvnewsdotid)
Tim SAR gabungan berhasil menemukan dan mengevakuasi black box dan Emergency Locator Transmitter (ELT) dari pesawat Pilatus PC-6 Porter PK-SNE di hutan Binuang. (Foto: Tangkap layar Youtube ntvnewsdotid)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Tim SAR gabungan berhasil menemukan dan mengevakuasi black box dan Emergency Locator Transmitter (ELT) dari pesawat Pilatus PC-6 Porter PK-SNE yang jatuh di hutan Binuang, Kecamatan Krayan Selatan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Black box berwarna oranye, yang berisi rekaman data penerbangan dan rekaman kokpit, akan diperiksa untuk mengetahui penyebab jatuhnya pesawat.

Selain black box, tim SAR gabungan juga berhasil mengevakuasi 10 anggota SAR lainnya dan dua warga yang sempat bermalam di lokasi kecelakaan setelah mengevakuasi dua kru pesawat Smart Air. 

Sebelumnya, proses evakuasi mengalami sejumlah kendala, termasuk cuaca buruk yang membuat pesawat harus beberapa kali kembali ke Bandara Malinau. Namun, dengan upaya keras, tim berhasil dua kali terbang ke lokasi jatuhnya pesawat untuk mengevakuasi perangkat tersebut.

Syahril, salah satu anggota tim SAR, menyatakan bahwa meskipun kondisi pesawat sudah tidak utuh lagi, proses pencarian dan penemuan black box serta perangkat lainnya berjalan lancar. Black box dan ELT telah diserahkan kepada pihak KNKT untuk penyelidikan lebih lanjut terkait penyebab kecelakaan.

"Black box, ELT, dan API box berhasil ditemukan tim SAR gabungan dibalik puing-puing badan pesawat,” ungkap Syahril

Dengan ditemukannya black box, operasi SAR resmi ditutup, namun penyelidikan lebih lanjut akan dilakukan oleh pihak berwenang untuk mengungkap penyebab pasti kecelakaan tersebut.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close