Tim Monev Tinjau Pelayanan Sektor Daker Mekkah

Nusantaratv.com - 11 Juni 2023

Petugas menggendong jamaah calon haji kloter SOC 47 turun dari bus setibanya di hotel sektor 7 Afaq Almashaeir di Mekah, Arab Saudi, Kamis (8/6/2023). ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A.
Petugas menggendong jamaah calon haji kloter SOC 47 turun dari bus setibanya di hotel sektor 7 Afaq Almashaeir di Mekah, Arab Saudi, Kamis (8/6/2023). ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A.

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Tim monitoring dan evaluasi (monev) Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi melakukan kunjungan ke sektor - sektor untuk melakukan pengecekan pelayanan petugas di hotel tempat penginapan jamaah haji.

Anggota tim monev PPIH Arab Saudi Sunanto atau Cak Nanto mengatakan sudah mencatat hasil monev tersebut saat kunjungan ke sektor-sektor.

"Sampai saat ini petugas sesuai prosedur, meskipun ada kendala kecil bisa ditangani", kata Sunanto di Mekkah, Sabtu.

Informasi yang didapat saat kunjungan terkait usulan dari sektor bahkan kendala yang dialami saat pelayanan kepada jamaah akan segera disampaikan kepada pihak yang berwenang.

Menurut dia, pelayanan kepada jamaah lanjut usia (lansia) juga harus ditingkatkan, mengingat belum semua jamaah tiba di Mekkah.

"Untuk lansia banyak yang menggunakan kursi roda, sehingga harus segera dipetakan agar pelayanannya terfokus," kata Sunanto.

Cak Nanto juga berharap semua petugas selalu sehat karena tugas ke depan, khususnya saat puncak haji lebih berat.

Dia menambahkan bagi petugas di Mekkah dapat saling bersinergi dan mencari solusi jika menemukan kendala dalam melayani jamaah.

Dalam kunjungan tim monev tersebut juga meninjau sejumlah pelayanan seperti transportasi, fasilitas hotel jamaah, termasuk pelayanan kepada lansia.

Sunanto berharap semua kebijakan penyelenggaraan ibadah haji 2023 dapat tersosialisasikan dengan baik kepada para petugas haji untuk kelancaran ibadah haji dan pelayanan kepada jamaah.

Pada penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/ 2023 M Indonesia mendapat kuota jamaah sebesar 210 ribu orang dengan proporsi sebanyak 30 persen merupakan jamaah lansia.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])