Tiga Nelayan Asal Labuan Bajo Yang Hilang Saat Melaut Berhasil Ditemukan

Nusantaratv.com - 27 Maret 2022

Tiga nelayan asal labuan bajo berhasil ditemukan dalam keadaan selamat. Foto (istimewa)
Tiga nelayan asal labuan bajo berhasil ditemukan dalam keadaan selamat. Foto (istimewa)

Penulis: Gabrin | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Tiga orang nelayan asal Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT yang diduga hilang di Perairan Pulau Seraya Besar berhasil ditemukan oleh Tim SAR Gabungan dalam keadaan selamat.

Sebelumnya, tiga orang nelayan tersebut dinyatakan hilang ketika sedang mencari ikan menggunakan perahu motor di Perairan Pulau Seraya Besar, sekitar 9.86 NM dari Pelabuhan ASDP Labuan Bajo.
Namun, memasuki hari ketiga, tiga orang nelayan tersebut belum juga kembali dari melaut.

"Kami mendapatkan informasi dari salah seorang warga bahwa telah terjadi kecelakaan Kapal Nelayan dengan POB (Person On Board) 3 Orang yang sedang mencari Ikan di Perairan Pulau Seraya Besar sekitar 9.86 NM dari Pelabuhan ASDP Labuan Bajo," ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere, I Putu Sudayana.

Setelah menerima informasi itu, lanjut  Sudayana, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Potensi SAR yang ada di Labuan Bajo seperti Lanal Labuan Bajo, Pos Polair Labuan Bajo, KSOP Labuan Bajo serta Keluarga Korban.

Pada Pukul 06.00 Wita, Tim SAR Gabungan  langsung melaksanakan operasi SAR (Search And Rescue) dengan menggunakan Rib 500 PK Pos SAR Manggarai Barat yang dilengkapi Peralatan SAR air lainnya ke sekitar lokasi kejadian.

Pada Pukul 13.10 Wita Tim SAR Gabungan menerima laporan dari Mahdi, salah seorang nelayan asal Desa Pota, Kabupaten Manggarai Timur bahwa tiga orang nelayan tersebut telah ditemukan dalam keadaan selamat  di sekitar perairan utara Desa Pota sekitar pukul 13.00 dan perahu yang mereka gunakan saat melaut kemudian ditarik mengunakan perahu ke pelabuhan Desa Pota.

”Sekitar pukul 13.20 Wita, dari pihak keluarga datang menjemput mereka di Desa Pota dengan menggunakan dua Perahu Nelayan yang selanjutnya ketiga Nelayan itu bersama kapal yang ditumpanginya ditarik ke Pulau Seraya Besar Manggarai Barat”, tutur Sudayana.

Sudayana pun memberikan apresiasi setinggi-tingginya pada seluruh Tim SAR Gabungan yakni Rescuer Pos SAR Manggarai Barat, Lanal Labuan Bajo, Polair Labuan ajo, KP3L Labuan Bajo, KUPP Labuan Bajo.

Menurutnya, keberhasilan ini berkat koordinasi dan sinergi yang baik oleh seluruh Tim SAR Gabungan ketiga Nelayan dapat kembali berkomunikasi dan berjumpa dengan keluarganya.

“Kita berharap agar Tim SAR Gabungan mendapatkan amal baik dari Tuhan yang Maha Penyayang atas pelaksanaan tugas kemanusiaan ini”, tutupnya

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close