Thrifting Ditentang, Begini Penjelasan Pengamat Ekonomi Unpas

Nusantaratv.com - 16 Maret 2023

Ilustrasi Pasar Cimol Gedebage Bandung.
Ilustrasi Pasar Cimol Gedebage Bandung.

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Pemerintah terus menyuarakan larangan aktivitas membeli barang bekas atau thirfting khususnya pakaian bekas impor. Presiden Joko Widodo juga sudah melarang bisnis baju bekas impor atau thrifting. Bisnis baju bekas impor tersebut, menurut Jokowi, mengganggu industri tekstil dalam negeri. 

Jokowi pun meminta lembaga terkait untuk menelusuri bisnis impor baju bekas tersebut dan usaha penjualan baju bekas impor. Menurut Jokowi, sampai sekarang sudah ada beberapa pelaku bisnis tersebut yang tertangkap.  “Sudah saya perintahkan untuk mencari betul dan sehari dua hari sudah banyak yang ketemu,” kata Jokowi. 

Menyikapi Fenomena Thrifting yang marak saat ini mendapat perhatian besar dari Pengamat Ekonomi Universitas Pasundan Bandung (Unpas) Bandung, Acuviarta Kartabi. 

Menurut Acuviarta, Thrifting dapat merugikan negara dari sisi pajak impor yang tidak dibayarkan sehingga merugikan negara, selain itu thrifting juga dapat berpengaruh besar terhadap industri tekstil dan produk tekstil (TPT) apalagi Indonesia merupakan salah satu negara dengan TPT terbesar di dalamnya. 

“Maka saya rasa itu ada kaitannya kenapa pak Jokowi begitu khawatir, karena kalau di biarkan, dampak buruk yang lebih besar bisa terjadi,” ujar Acuviarta, Kamis (16/3/2023) 

Kendati demikian dikatakan Acuviarta,  Evaluasi kebijakan tentang impor pun harus dilakukan, agar ke khawatiran pemerintah akan adanya thrifting tidak mendapatkan penolakan besar dari masyarakat akibat tidak adanya solusi. 

“Selain itu juga menurut saya bagaimana pemerintah bisa memangkas biaya produksi barang TPT ini sehingga barang dalam negeri bisa memiliki daya saing tidak hanya di pasar global namun juga di Indonesia, karena masyarakat bukan mempermasalahkan brand apa yang memproduksi tapi berapa harganya, kalau masih tetap tinggi, minat masyarakat terhadap thrifting mungkin tidak akan berubah,” tegasnya.

Sebelumnya Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dengan tegas menentang adanya Thrifting masuk ke Indonesia, hal itu dilakukan mengingat thrifting dapat mengganggu tidak hanya industri di tanah air namun juga pendapatan untuk negara.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close