Thailand Tunjuk Gubernur Perempuan Muslim Pertama, Warga Menyambut Bahagia

Nusantaratv.com - 18 November 2022

Pateemoh Sadeeyamu, gubernur perempuan Muslim pertama di Thailand/ist
Pateemoh Sadeeyamu, gubernur perempuan Muslim pertama di Thailand/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Pemerintah Thailand resmi menunjuk gubernur perempuan Muslim pertama untuk salah satu daerah di selatan negara itu. Langkah bersejarah tersebut disambut gembira oleh para warga di kawasan yang kerap berkonflik itu.

Kabinet Thailand dilaporkan menerima penunjukan Pateemoh Sadeeyamu menjadi gubernur untuk Provinsi Pattani pada Selasa (15/11/2022).

Warga meluapkan rasa bahagianya karena menganggap penunjukan Sadeeyamu sebagai pertanda positif untuk keamanan dan pembangunan di kawasan selatan Thailand yang selama ini diterpa konflik keagamaan.

Seorang relawan kesehatan asal Pattani, Ropee-ah Doloh, mengaku sangat bahagia karena mimpinya menjadi kenyataan.

"Mimpi saya menjadi nyata. Saya senang. Saya berbagi kebahagiaan ini dengan semua orang. Terima kasih karena sudah mengirimkan gubernur perempuan Muslim ini," ucap Doloh.

Penunjukan Sadeeyamu juga disambut bahagia oleh penduduk di daerah selatan Thailand secara keseluruhan, termasuk Narathiwat dan Yala.

Seorang guru di Narthiwat, Nithima Lama, mengaku amat bahagia, sampai-sampai ia menganggap Sadeeyamu merupakan gubernurnya juga.

"Warga di tiga provinsi perbatasan di selatan merasa dia merupakan gubernurnya," katanya, mengutip CNNIndonesiacom.

Kiprah Saadeyamu dalam pemerintahan memang dianggap gemilang. Setelah menempati sejumlah pos penting, Saadeyamu menjadi wakil gubernur Narathiwat sebelum akhirnya menjadi gubernur Pattani.

Ia dianggap membawa harapan di kawasan selatan Thailand yang selama ini didera konflik akibat kehadiran kelompok pemberontak Muslim di negara mayoritas Buddha tersebut.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])