Thailand Konfirmasi Kasus Pertama Cacar Monyet pada Wanita

Nusantaratv.com - 06/08/2022 13:24

Ilustrasi. Tabung reaksi berlabel 'positif cacar monyet'. (Reuters)
Ilustrasi. Tabung reaksi berlabel 'positif cacar monyet'. (Reuters)

Penulis: Tri Budi Purnomo

Nusantaratv.com - Thailand mengonfirmasi tambahan satu kasus cacar monyet di Kota Bangkok pada Jumat (5/8/2022) waktu setempat.

Dengan demikian, total empat kasus cacar monyet (monkeypox) yang dilaporkan di negara itu, seperti dikutip dari Bangkok Post, Sabtu (6/8/2022). Direktur Jenderal Departemen Pengendalian Penyakit (DDC) Dr Opas Karnkawinpong mengatakan, kasus terbaru menjangkiti seorang wanita berusia 22 tahun.

Wanita tersebut secara rutin mengunjungi daerah-daerah yang berisiko penularan cacar monyet. Disebutkannya, wanita itu mengalami demam pada 29 Juli, tetapi masih mengunjungi tempat-tempat hiburan di Bangkok bersama teman-teman Thailand dan asingnya. 

Pada 30 Juli, dia mulai mengalami lecet di lengan dan kakinya sebelum menyebar ke organ intim dan bagian tubuh lainnya. Wanita itu dilaporkan mencari perawatan di sebuah rumah sakit di Samut Prakan pada Rabu (3/8/2022).

Hasil tes laboratorium yang dilakukan oleh Departemen Ilmu Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Universitas Chulalongkorn menunjukkan, dia telah terinfeksi cacar monyet pada Kamis (4/8/2022). "Dia kemudian dipindahkan ke Institut Penyakit Menular Bamrasnaradura, di Nonthaburi, setelah diagnosis terinfeksi cacar monyet pada Kamis," ujar Opas.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, otoritas setempat sedang bekerja untuk melacak orang-orang yang dianggap berisiko, termasuk teman satu kamar pasien dan teman-teman lainnya. Opas meminta semua orang untuk mematuhi pedoman pencegahan yang mencakup rekomendasi untuk menghindari hubungan seks dengan orang asing.

Menyusul konfirmasi kasus keempat di negara itu, Gubernur Bangkok Chadchart Sittipunt mengatakan, dua orang yang telah melakukan kontak dengannya kini telah dikarantina untuk observasi. Chadchart menambahkan pihak berwenang masih melacak warga Nigeria lain yang memiliki kontak dekat dengan pasien tersebut.

Pasien terbaru ini menjadi wanita pertama di negara itu yang tertular cacar monyet. Kasus pertama adalah seorang pria Nigeria, yang kedua seorang pria Thailand di Bangkok dan yang ketiga seorang pria Jerman di Phuket.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in