Tewaskan 13 Orang, ISIS Klaim Bertanggung Jawab Atas Serangan Teror Tempat Ibadah Syiah di Iran Selatan

Nusantaratv.com - 27 Oktober 2022

Kuil Shah Cheragh di Shiraz pada 15 April 2008 saat pemakaman orang-orang yang tewas dalam ledakan di masjid. (AFP)
Kuil Shah Cheragh di Shiraz pada 15 April 2008 saat pemakaman orang-orang yang tewas dalam ledakan di masjid. (AFP)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Setidaknya 13 orang tewas usai serangan bersenjata yang menyerang sebuah tempat peribadatan umat Syiah di Kota Shiraz, Iran Selatan, pada Rabu (26/10/2022). 

Dikutip dari NHK, Kamis (27/10/2022), media pemerintah Iran mengutip para pejabat setempat yang mengatakan teroris bersenjata menembaki orang-orang yang berada di dalam kuil Shah Cheragh di Shiraz. Tempat ibadah saat itu ramai dikunjungi para jamaah pada sore hari.

Menteri Dalam Negeri Ahmad Vahidi mengatakan serangan itu menewaskan sedikitnya 13 orang. Sebuah kantor berita yang dikelola negara melaporkan, setidaknya 15 orang tewas, termasuk dua anak-anak, sementara 19 lainnya terluka.

Presiden Ebrahim Raisi merilis pernyataan dan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga para korban. Dia mengutuk serangan itu, dan mengatakan itu tidak akan terjawab.

Kantor berita Amaq, yang memiliki hubungan dengan militan ISIS, mengatakan kelompok itu mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut. Dikatakannya, serangan tersebut dilakukan terhadap pemberontak, atau Muslim Syiah Iran.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])