Terungkap! Ini Isi Buku yang Disita dari Rumah Sekeluarga Tewas 'Mengering'

Nusantaratv.com - 15 November 2022

Buku yang diamankan polisi dari rumah keluarga yang tewas 'mengering'. (Detikcom)
Buku yang diamankan polisi dari rumah keluarga yang tewas 'mengering'. (Detikcom)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Polisi menyita beberapa buku dari rumah keluarga yang ditemukan tewas 'mengering' di Perum Citra Garden Extension I Kalideres, Jakarta Barat. Kompolnas mengungkapkan buku-buku itu berisi ajaran sejumlah agama.

"Berdasarkan informasi yang kami terima bahwa di TKP ditemukan beberapa buku yang berisi ajaran dari beberapa agama," ujar Ketua Harian Kompolnas Irjen (Purn) Benny Mamoto saat dihubungi, Selasa (15/11/2022).

Benny tak memerinci berapa banyak buku berkaitan dengan ajaran agama yang disita penyidik. Barang bukti tersebut kini tengah didalami pihak kepolisian.

Menurut dia, temuan buku-buku itu bisa menjadi salah satu petunjuk penyidik dalam mengungkap kematian keluarga 'mengering' tersebut. Terlebih, latar belakang keluarga yang sampai saat ini masih misterius.

"Penyidik ketika menangani kasus selalu membuka ruang segala kemungkinan motif kasus tersebut. Melihat adanya hal-hal yang tidak biasa, seperti korban menutup diri dari keluarga, menggunakan alas kaki ditutup plastik, tidak mau ada listrik dan tidak ada makanan di TKP, maka temuan buku-buku menjadi penting untuk didalami," tutur Benny Mamoto.

"Apakah mungkin ada kaitannya dengan peristiwa tersebut, hal ini tentunya perlu menunggu hasil autopsi dan pemeriksaan laboratoris terhadap beberapa barang bukti lainnya seperti handphone dan lain-lain," imbuhnya. 

Polisi pun menyita beberapa item barang bukti dari rumah empat orang sekeluarga yang tewas 'mengering' di Citra Garden Extension I Kalideres, Jakarta Barat. Salah satu yang disita adalah buku-buku.

Kanit Reserse Kriminal Umum Polres Metro Jakarta Barat AKP Avrilendy, sebelumnya membantah buku tersebut berkaitan dengan sekte. Beragam spekulasi muncul setelah polisi mengumumkan penyebab kematian sekeluarga karena tak makan dan minum dalam waktu yang cukup lama. Salah satunya spekulasi terkait sekte.

"Nggak ada (soal) sekte-sekte. Buku-buku ada, tapi nggak ada (soal) sekte-sekte. Masih dipelajari, bukan sekte kok, buku biasa," ujar Avrilendy, Senin (14/11/2022).

Di samping buku, pihak kepolisian turut menyita barang bukti lainnya dari lokasi, baik di dalam kamar ataupun di ruangan lainnya. Barang bukti tersebut masih didalami penyidik.

"Pokoknya barang-barang yang ada di situ kita ambil semua untuk dipelajari," ujarnya.

"Kita sih secara garis besar hampir sebagian besar barang-barang yang ada di kamar, di ruangan kita keluarkan semua. Kita kumpulin dan datakan," sambungnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close