Tersangka Pelaku Penembakan yang Tewaskan 10 Orang di Los Angeles Ditemukan Bunuh Diri

Nusantaratv.com - 23 Januari 2023

Polisi menyelidiki lokasi penembakan yang terjadi saat perayaan Tahun Baru Imlek, di Monterey Park, California, AS, pada 22 Januari 2023. Pelaku penembakan dikonfirmasi bunuh diri. (Allison Dinner/Reuters)
Polisi menyelidiki lokasi penembakan yang terjadi saat perayaan Tahun Baru Imlek, di Monterey Park, California, AS, pada 22 Januari 2023. Pelaku penembakan dikonfirmasi bunuh diri. (Allison Dinner/Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Tersangka pelaku penembakan di Los Angeles, California, Amerika Serikat (AS), yang menewaskan 10 orang pada saat perayaan Tahun Baru Imlek dikonfirmasi bunuh diri. 

Sheriff County Los Angeles Robert Luna mengatakan polisi telah melacak sebuah van yang dicari dan ketika petugas mendekat, mereka mendengar satu tembakan dari dalam van.

"Tersangka mengalami luka tembak yang dilakukan sendiri dan dinyatakan meninggal di tempat kejadian," kata Luna, seperti dikutip dari Channel NewsAsia (CNA), Senin (23/1/2023).

Tersangka pelaku penembakan bernama Huu Can Tran yang berusia 72 tahun.

"Saya dapat memastikan bahwa tidak ada tersangka yang menonjol dari insiden penembakan massal itu," lanjut Luna.

Dia menambahkan motif penyerangan yang menewaskan 10 orang itu belum diketahui.

"Penyelidikan masih berlangsung. Detektif pembunuhan Sheriff bekerja sepanjang waktu mengumpulkan informasi tambahan dan berupaya menentukan motif di balik peristiwa yang sangat tragis ini," jelasnya.

Disebutkan polisi AS memburu pria Asia bersenjata yang menewaskan 10 orang dalam penembakan saat Tahun Baru Imlek di dekat Los Angeles yang dimulai 12 jam sebelumnya setelah seorang pria, yang dijelaskan oleh polisi sebagai orang Asia, mulai menembaki sebuah klub di Monterey Park, sebuah kota di Los Angeles County dengan komunitas Asia yang besar.

Saksi mata mengatakan, pelaku telah menembak tanpa pandang bulu dan tampaknya bersenjata lengkap. Sedikitnya 10 orang lainnya terluka, beberapa di antaranya kritis.

Polisi kemudian menemukan jejak pelaku dalam sebuah mobil van di Torrance, selatan Los Angeles. Petugas bersenjata lengkap, didukung oleh kendaraan lapis baja, mengerumuni van panel putih, menghancurkan jendela samping penumpang dengan senjata terangkat.

Sementara foto-foto AFP dari tempat kejadian yang diambil setelah operasi menunjukkan jasad seorang pria di kursi pengemudi.

Monterey Park, hanya beberapa mil dari pusat kota Los Angeles, yakni menjadi rumah bagi sekitar 60.000 orang, kebanyakan dari mereka adalah orang Asia atau Asia-Amerika.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])