Terdapat Pondok Pesantren di Dalam Rutan Cipinang

Nusantaratv.com - 09 Januari 2024

Ilustrasi. (Net)
Ilustrasi. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Pembangunan pondok pesantren (ponpes) di dalam Rutan Kelas I Cipinang, Jakarta Timur (Jaktim) diresmikan. Ponpes bernama Darul At-Taubah tersebut bakal menjadi sarana bagi para tahanan dan narapidana.

Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun dan Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakarta Cecep Khairul Anwar, bersama-sama meresmikan pembangunan ponpes. Ibnu mengatakan ponpes ini akan menjadi pusat pembinaan bagi para tahanan dan narapidana selama menjalani masa pidana di Rutan Kelas I Cipinang.

"Marilah kita saling bersinergi dan bekerja sama dalam menjadikan warga binaan pemasyarakatan atau WBP agar siap kembali ke masyarakat," ujar Ibnu, Selasa (9/1/2024).

Peresmian berlangsung hari ini dan disaksikan sejumlah pejabat setempat. Ponpes nantinya diharapkan menjadi fasilitas tambahan bagi para tahanan dan narapidana.

Namun tak semua tahanan dan narapidana menjadi santri di ponpes itu. Ada proses seleksi yang nantinya harus diikuti para tahanan dan narapidana sebelum menjadi santri di ponpes.

"Mari bersama-sama kita jaga dan lestarikan pondok pesantren ini menjadi tempat yang aman, nyaman, dan bermartabat dalam menjadikan WBP yang mempunyai karakter yang kokoh secara keagamaan, dan bermanfaat dan siap kembali ke masyarakat," jelas Ibnu.

Ponpes ini memiliki fasilitas penunjang yaitu masjid, ruang belajar, blok asrama, perpustakaan, poliklinik, dan gazebo. Di samping itu ada sarana olahraga yaitu lapangan basket dan lapangan sepakbola.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close