Tensi Makin Panas di Ukraina, Korsel Segera Evakuasi Warganya

Nusantaratv.com - 15 Februari 2022

Ilustrasi bendera Ukraina. (Istimewa)
Ilustrasi bendera Ukraina. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Kementerian Luar Negeri Korea Selatan (Korsel) mengungkapkan pemerintah bakal segera mengevakuasi warganya dari Ukraina dalam beberapa hari di tengah tensi yang makin panas terkait invasi Rusia.

Sebanyak 281 warga negara Korsel, termasuk staf diplomatik, tinggal di Ukraina pada Senin (14/2/2022), dan sekitar 100 warga lainnya berencana meninggalkan negara itu pada Selasa (15/2/2022).

"Pemerintah mendesak warga negara Korea untuk meninggalkan Ukraina sesegera mungkin melalui penerbangan atau rute darat yang tersedia saat peringatan perjalanan Level 4 dikeluarkan di semua bagian Ukraina pada Minggu (13/2/2022)," kata kementerian itu, seperti dikutip dari  kantor berita Yonhap, Selasa (15/2/2022).

Diketahui, sekitar 60 warga negara telah meninggalkan negara itu sejak Jumat (11/2/2022), kata kementerian itu, setelah Amerika Serikat (AS) meningkatkan peringatan terhadap kemungkinan invasi Rusia dalam beberapa hari.

Kementerian juga menyebutkan sebagian besar maskapai penerbangan biasanya mengoperasikan penerbangan dari Ukraina, dan Kedutaan Besar Korsel berencana mengoperasikan bus antar-jemput antara ibu kota Kiev dan Lviv, dekat perbatasan Polandia, hingga Jumat (18/2/2022), untuk mendukung keberangkatan warga. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close