Tema Debat Capres Kedua Bertambah Jadi Enam, Apa Saja?

Nusantaratv.com - 03 Januari 2024

Anggota KPU August Mellaz memberikan keterangan pers/ist
Anggota KPU August Mellaz memberikan keterangan pers/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan debat kedua calon presiden dalam Pilpres 2024 akan digelar di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu, (7/1/2024) mendatang.

Demikian disampaikan anggota KPU RI August Mellaz usai menggelar rapat persiapan debat ketiga bersama pihak tim pasangan calon presiden/wakil presiden serta media TV penyelenggara debat. 

August Mellaz menjelaskan terkait dengan tema debat ada pengembangan dari empat tema menjadi enam tema sebab ada beberapa tema sebelumnya yang mendapatkan perluasan. Keenam tema tersebut meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

"Kemarin 'kan posisinya 4 tema, nah, pertahanan dan keamanan tetap jadi tema tersendiri, kemudian hubungan internasional kami expand dengan globalisasi, lalu geopolitik sebagai isu tersendiri itu kami expand dengan politik luar negeri," jelasnya.

Sementara untuk format debat KPU tidak mengubah dari format debat capres sebelumnya. Oleh karena itu, segmen pertama debat akan dibuka dengan penyampaian visi, misi, dan program kerja yang dimulai lebih dahulu oleh capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan ditutup dengan penyampaian pernyataan kesimpulan oleh masing-masing capres pada segmen keenam.

Baca juga: KPU Akan Optimalkan Koordinasi Tiap "LO" di Debat Pilpres 2024

"Perubahan itu akan terjadi karena venue saja. Lokasinya akan berbeda, tetapi sedapat mungkin layout dan sebagainya tidak mengalami perubahan jika dibandingkan dengan debat kedua di JCC (Jakarta Convention Center)," jelasnya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya juga akan tetap menyediakan podium pada debat kedua capres tersebut.

Rangkaian debat capres/cawapres dijadwalkan masih berlangsung tiga kali lagi, yakni pada tanggal 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

Pilpres 2024 diikuti tiga pasangan capres/cawapres yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close