Tekan Kepadatan Arus Mudik Lebaran, Korlantas Polri Bakal Lakukan Ini

Nusantaratv.com - 05 Maret 2024

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas), Irjen Pol Aan Suhanan.(Foto:Nusantaratv.com/Bagas)
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas), Irjen Pol Aan Suhanan.(Foto:Nusantaratv.com/Bagas)

Penulis: Bagas Adi Pangestu

Nusantaratv.com - Kepolisian bersama para stakeholder lainnya sudah menyiapkan antisipasi untuk menghadapi arus mudik Lebaran 2024. Upaya ini telah disusun dan disepakati dalam rapat koordinasi lintas sektor terkait kesiapan pengelolaan arus mudik-balik lebaran di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (5/3/2024). 

"Hari ini kita mengadakan rapat koordinasi untuk arus mudik dan arus balik mudik tahun 2024," ujar Kakorlantas Polri, Irjen Aan Suhanan dalam konferensi pers usai acara. 

"Dan juga penandatanganan surat keputusan bersama (SKB) dari Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, Korlantas Polri dan Dirjen Perhubungan Darat untuk mudik lebaran tahun 2024 ini," sambungnya. 

Aan menjelaskan beberapa poin yang akan dilakukan Korlantas dan pihak lainnya, dalam menekan kepadatan arus kendaraan saat musim mudik lebaran tahun sekarang. 

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas), Irjen Pol Aan Suhanan.(Foto:Nusantaratv.com/Bagas)

"Yang pertama, pembatasan operasional angkutan umum, yang kedua memberlakukan sistem satu arah atau one way pada saat puncak arus mudik maupun arus balik lebaran di beberapa ruas jalan tertentu, yang ketiga akan melakukan atau mengatur sistem contraflow di beberapa ruas jalan di beberapa tol dan juga luas jalan arteri pada saat puncak arus mudik lebaran," papar Aan. 

Selain itu, pengaturan ganjil genap akan diberlakukan mereka, sesuai dengan situasi yang ada. Pihaknya juga akan mengatur arus kendaraan yang menuju pelabuhan penyeberangan, terutama pada Pelabuhan Merak, Bakauheni, Ketapang, Gilimanuk. 

"Juga sebaliknya. Kita akan terapkan sistem penundaan perjalanan atau delaying system," ucap jenderal bintang dua Polri. 

Adapun selain Aan, kegiatan rakor ini dihadiri Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat (Hubdar) Kementerian Perhubungan Hendro Sugiatno, Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian, Direktur Utama (Dirut) Jasa Raharja Rivan A. Purwantono, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Miftachul Munir, Dirut PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry (Persero) atau ASDP Ira Puspadewi.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close