Taman New York Rusuh Gegara Pembagian Hadiah dari YouTuber Kai Cenat

Nusantaratv.com - 05 Agustus 2023

Ribuan orang menyerbu Union Square New York dan jalan di sekitarnya pada Jumat (4/8/2023).  (Channel News Asia)
Ribuan orang menyerbu Union Square New York dan jalan di sekitarnya pada Jumat (4/8/2023).  (Channel News Asia)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Ribuan orang menyerbu Union Square New York dan jalan di sekitarnya pada Jumat (4/8/2023). 

Melansir Reuters, Sabtu (5/8/2023), YouTuber Kai Cenat memicu gerakan massa setelah menjanjikan kepada mereka hadiah atau giveaway gratis. Namun, acara itu harus berakhir dengan kericuhan.

Cenat memiliki 6,5 juta pengikut di gim Twitch dan 4 juta subcribers di YouTube. Dia dinobatkan sebagai 'Streamer of the Year' di Streamy Awards pada 2022. YouTuber berusia 21 tahun itu mengumumkan pemberian banyak hadiah di akun Instragram pada pukul 16.00 waktu setempat.  

Dalam sebuah video yang diposting Kamis (3/8/2023), Cenat menjanjikan kepada para followers-nya hadiah, termasuk komputer dan konsol Playstation 5. Pengumuman itu menjadi viral.

Sebelum acara dimulai, tayangan berita memperlihatkan, orang-orang melemparkan botol dan kursi, memanjat ke atap pintu masuk stasiun kereta bawah tanah, berdiri di atas atao mobil, dan menurunkan alat pemadam api.

Kerumunan masif di taman Union Square dan jalanan di sekitarnya membuat suasana kacau. Orang-orang berlarian di jalanan, beberapa dari mereka terlihat meloncat ke mobil dan bus kota. Sebagian lainnya, mengambil sejumlah perkakas dari lokasi konstruksi di Union Square. 

Pejabat tinggi di Kepolisian New York, NYPD, Jeffrey Maddrey yang dikutip ABC News, mengatakan personel NYPD tiba di lokasi berusaha membubarkan massa. Namun massa melakukan kekerasan terhadap polisi dan publik. "Petugas kami diserang. Kami diimpit dan didorong," ujarnya. 

Beberapa orang menyalakan kembang api. Dia mengaku penyebab kekacauan belum diketahui secara pasti. Video dari berita televisi menunjukkan Cenat berada di sebuah mobil SUV hitam.

Cenat berdiri dan kepalanya terlihat muncul dari atap mobilnya yang terbuka. Terlihat orang-orang bergerak merangsek ke mobilnya. Setidaknya, satu orang jatuh dari mobil tersebut. Polisi menangkap 65 orang dalam rusuh massa ini. 

Seorang remaja berusia 17 tahun dilarikan ke rumah sakit. Semula diyakini dia terluka akibat tembakan senjata. Namun, kata Maddrey, akhirnya diketahui luka itu akibat kembang api. Sementara, sang influencer, Cenat bisa dikenai dua dakwaan. 

Pertama, dia memicu kerusuhan dan melakukan penghimpunan massa secara ilegal. "Acara itu tak berizin dan dengan cepat sekitar 1.000 anak muda bermunculan dan menyerang petugas polisi alih-alih mematuhi perintah untuk membubarkan diri."

Maddrey menegaskan, polisi tak melarang anak-anak muda menikmati waktunya dan berhimpun di taman. Namun, tidak dalam level yang membahayakan diri mereka sendiri dan publik. "Hari ini, banyak orang terluka."

Sebuah bus polisi yang mengangkut orang yang ditahan dalam peristiwa ini diserang dan beberapa orang berusaha menarik rekannya yang ditahan keluar dari bus tersebut. "NYPD mendapatkan bukti dari media sosial, Cenat keluar dari mobilnya dan berinteraksi dengan massa sebelum meninggalkan Union Square," jelas sejumlah sumber. 

Mereka menyatakan, detektif menginterogerasi Cenat. Belum jelas apakah ada dakwaan atas dia. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close