Tak Terima Hasil Pilpres, Cak Imin: Kami Putuskan Maju ke MK

Nusantaratv.com - 21 Maret 2024

Muhaimin Iskandar. (Foto: Tangkap layar Youtube Anies Bawedan)
Muhaimin Iskandar. (Foto: Tangkap layar Youtube Anies Bawedan)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Calon wakil presiden nomor urut 01, Muhaimin Iskandar memutuskan untuk menggugat hasil Pemilihan Presiden 2024 ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kami memutuskan meminta tim hukum Timnas Amin untuk maju ke Mahkamah Konstitusi dan menyampaikan kepada majelis hakim serta publik luas serta kekurangan dan penyimpangan yang terjadi selama proses Pilpres kali ini," ucapnya yang dikutip dari Youtube Anies Bawedan Kamis (21/3/2024).

Usai pengumuman resmi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Muhaimin Iskandar secara tegas menyatakan bahwa terlalu banyak temuan-temuan tentang proses demokrasi yang tidak berintegritas dalam Pilpres 2024 yang telah dikumpulkan oleh tim hukum Timnas Amin. 

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. (Foto: Tangkap layar Youtube Anies Bawedan)

"Kami mempercayai sepenuhnya kepada tim hukum yang dipimpin oleh Ari Yusuf Amir, dengan dukungan penuh dari tim Amin di bawah kepemimpinan kapten M Syaugi," katanya.

Muhaimin juga mengajak seluruh relawan untuk mendukung sepenuhnya tim hukum berjuang di jalur konstitusional yang telah tersedian secara sah dan kita semua akan terus menjada etika demokrasi, menjaga suasana kedamaian dan persatuan.

Sebelumnya diberitakan, KPU telah mengumumkan hasil perhitungan suara Pemilihan Presiden 2024. Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memperoleh suara sebanyak 96.214.691 atau 58%, mengokohkan mereka sebagai pemenang.

Sementara itu, Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar hanya mendapatkan 40.971.906 suara dan harus menerima posisi kedua. Pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD berada di urutan ketiga dengan perolehan suara sebanyak 27.040.878.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close