Tak Pertahankan Wilayah, Presiden Ukraina Pecat Kepala Kemanan

Nusantaratv.com - 30 Mei 2022

Pasukan Ukraina. (Net)
Pasukan Ukraina. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengunjungi wilayah timur Ukraina untuk pertama kalinya, sejak serangan Rusia. Dalam kunjungan, Zelensky memecat Kepala Dinas Keamanan Kharkiv karena dinilai tak mempertahankan kota.

"Saya datang, mencari tahu dan memecat kepala Dinas Keamanan Ukraina wilayah (Kharkiv)," ujar Zelensky, Senin (30/5/2022).

Menurut Zelensky, Kepala Dinas Keamanan Kharkif tersebut tak bekerja mempertahankan kota sejak pertama kali Rusia melakukan invasi. Selama ini, kata dia yang bersangkutan cuma mementingkan dirinya sendiri.

"Karena fakta bahwa dia tidak bekerja pada pertahanan kota sejak hari-hari pertama perang skala penuh, tetapi hanya berpikir tentang dirinya sendiri," kata Zelensky dalam pidato nasional hariannya. Ia berbicara setelah mengunjungi timur negara yang dilanda perang untuk pertama kalinya sejak invasi Rusia.

Zelensky pun belum membeberkan motif pemecatan itu secara rinci, mengutip AFP. Ia memastikan aparat penegak hukum yang akan mengungkap itu.

"Motif apa? Nanti aparat penegak hukum yang akan mengungkapnya," jelasnya.

Tercatat sebanyak 2.229 bangunan telah dihancurkan di Kharkiv dan wilayah tersebut. Zelensky berjanji bakal membangun kemblai wilayah Kharkiv serta kota-kota yang dihancurkan Rusia.

"Kami akan memulihkan, membangun kembali, dan menghidupkan kembali. Di Kharkiv dan semua kota dan desa lain tempat kejahatan datang," tandasnya melalui Telegram. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])