Tak Mundur Lagi, TV Analog Dimatikan Serentak 2 November 2022

Nusantaratv.com - 18 Oktober 2022

2 November 2022, serentak Analog Switch Off di Seluruh Indonesia (foto: detikINET)
2 November 2022, serentak Analog Switch Off di Seluruh Indonesia (foto: detikINET)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Menkominfo menegaskan bahwa pelaksanaan Analog Switch Off (ASO) akan dilakukan sesuai jadwal sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan proses penghentian siaran TV analog dan digantikan TV digital tidak lagi pakai cara multiple ASO, melainkan diterapkan secara serentak suntik mati TV analog pada 2 November 2022.

Saat ini proses sosialisasi migrasi TV Analog ke Digital tengah digalakkan oleh semua pihak ke tengah masyarakat. 

“Tadinya kan kita merencanakan melakukan bertahap-tahap, tapi ATVSI minta dilakukan satu kali, ya boleh, walaupun sebelumnya kan sudah kita lakukan juga analog switch off di 8 wilayah siaran teresterial di daerah,” ujar Menkominfo di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jakarta, Selasa (18/10/2022) seperti dikutip dari detik.com.

Sebagai tambahan informasi, penghentian siaran TV Analog ini dilakukan secara bertahap, hal itu merujuk pada skema multiple ASO. Skema ini dilakukan untuk menggantikan tiga tahap yang direncanakan sebelumnya, namun menjelang deadline proses dimatikannya siaran analog kembali berubah.

Adapun, ASO Jabodetabek yang seharusnya diimplementasikan pada 5 Oktober 2020 tetapi urung dilakukan karena permintaan dari Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI). Alasannya adalah melihat masyarakat masih belum siap secara penuh untuk beralih ke siaran TV digital.

Daerah administratif yang terdampak penerapan ASO di Jabodetabek terdiri dari 14 kabupaten/kota, yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Kabupaten Kepulauan Seribu, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Bogor, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Sebagai gantinya, ASO Jabodetabek diundur mengikuti penghentian siaran TV analog ke TV digital secara nasional pada 2 November 2022.

“Jadi, analog switch off itu sudah dilakukan di sebagian wilayah Indonesia, tetapi sebagian lainnya termasuk Jabodetabek akan dilakukan pada tanggal 2 November 2022,” sambungnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close