Tak Lagi Ibu Kota RI, Jakarta Bakal Jadi Apa?

Nusantaratv.com - 12 Mei 2023

Kota Jakarta. (Net)
Kota Jakarta. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Pemprov DKI Jakarta bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dua kali menggelar konsultasi publik terkait daerah kekhususan Jakarta usai ibu kota negara pindah. Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono menjelaskan aspirasi masyarakat terkait RUU Kekhususan Jakarta dalam kosultasi publik itu mulai dirangkum serta diproses.

"Banyak (aspirasi), kita belum merangkum tapi sudah diproses. Rangkumannya nanti akan kita sampaikan," ujar Joko kepada wartawan, Kamis (11/5/2023).

Dia mengatakan seluruh aspirasi yang diterima dalam kosultasi publik itu bersifat urgen. Aspirasi dan masukan masyarakat digunakan untuk menyempurnakan RUU Kekhususan Jakarta tersebut.

"Ya kita kan menampung aspirasi yang diinginkan masyarakat supaya Undang-Undang ini kan nantinya akan menentukan Jakarta ke depan. Tapi guidance-nya adalah Jakarta menjadi kota global. Nah kita lempar kepada publik untuk mendapatkan masukan masukan, jangan sampai kita salah. Atau masukan-masukan dari masyarakat itu kita butuhkan untuk menambah sempurnanya Undang-Undang itu," papar dia.

"Ya kita kan kemarin Daerah Khusus Ibu Kota, sekarang daerah khusus, kemungkinan ya, Daerah Khusus Jakarta," imbuhnya.

Ia menjelaskan pembahasan RUU Kekhususan Jakarta masih terus berjalan. Dia menyebutkan kosultasi ke publik akan kembali digelar untuk ketiga kalinya.

"Ya itu kan berjalan terus ya, Kementerian Dalam Negeri. Sebenarnya yang punya gawe ini adalah Kementerian Dalam Negeri untuk memikirkan Jakarta. Jadi kita harus terima kasih juga kepada pihak Kemendagri," kata dia.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama kembali menggelar konsultasi publik terkait daerah kekhususan Jakarta usai ibu kota negara pindah. Konsultasi publik kali ini mengundang sejumlah pihak, mulai dari akademi hingga pelaku usaha.

Diskusi publik diadakan di Ruang Pola Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (8/5/2023). Kegiatan serupa sebelumnya pernah digelar pada Jumat (31/3/2023) lalu.

Dalam kegiatan konsultasi publik kedua ini, panitia mengundang akademisi, perwakilan organisasi kemasyarakatan, lembaga swadaya masyarakat (LSM), serta pelaku dunia usaha dan asosiasi profesi.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close