Tak Kenal Libur Program Tentara Manunggal Membangun Desa ke-113 di Teluk Pucung Bekasi, Rampung Lebih Cepat

Nusantaratv.com - 15 Juni 2022

TMMD ke-113 Kodim 0507/Bekasi Tahun 2022
TMMD ke-113 Kodim 0507/Bekasi Tahun 2022

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 tahun 2022 yang dilaksanakan di Kelurahan Teluk Pucung, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, berhasil rampung lebih cepat.

Dengan sinergitas yang kuat antara personel TNI dari Kodim 0507 Bekasi, Polri, Pemerintah Kota Bekasi dan warga setempat, Program TMMD ke-113 yang dimulai sejak 11 Mei hingga 9 Juni 2022 lalu, dapat rampung lebih cepat dari waktu yang dicanangkan.

Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 113 TA 2022 dibuka oleh Sekda Kota Bekasi, Reny Hendrawati di halaman Kelurahan Teluk Pucung, Bekasi Utara, Rabu (11/05/2022). Kegiatan TMMD ini melibatkan kurang lebih 150 personel dan dikomandoi pimpinan wilayah Kodim 0507 Kota Bekasi Letkol Kav Luluk Setyanto.

Dalam program TMMD ke-113 Tahun 2022 kali ini ada dua sasaran pembangunan yang ingin diwujudkan yaitu pembangunan fisik dan pembangunan non-fisik di Kelurahan Teluk Pucung, Kecamatan Bekasi Utara yang merupakan wilayah teritorial binaan Kodim 0507 Bekasi.

“Adapun salah satu peran TMMD ke 113 di wilayah Kodam Jayakarta meliputi sasaran fisik dan sasaran non fisik,” kata Dandim 0507 Kota Bekasi Letkol Kav Luluk Setyanto.  

“Untuk sasaran fisik terdiri dari tiga pekerjaan. Pertama adalah pengaspalan jalan sepanjang 1,5 kilometer. Yang kedua peningkatan saluran air sepanjang 1,1 kilometer dan yang ketiga adalah pembangunan rumah tidak layak huni sejumlah empat unit,” sambungnya.

“Sedangkan sasaran non fisik, kegiatan yang dilaksanakan meliputi penyuluhan tentang pendidikan, penyuluhan tentang kesehatan, peternakan pertanian dan tidak lupa kami juga melakukan penyuluhan tentang wawasan kebangsaan Pancasila dan empat pilar kebangsaan,” tambahnya.

Untuk pembangunan fisik program TMMD ke-113 di Teluk Pucung telah berhasil melakukan pembangunan berupa pengaspalan jalan 1,5 kilometer, peningkatan saluran air sepanjang 1,1 kilometer dan pembangunan 4 unit rumah tidak layak huni.

Kini warga Kelurahan Teluk Pucung bisa menempati rumah yang layak huni, jalan yang bagus dan bebas banjir serta terhindar dari ancaman penyakit demam berdarah dan penyakit menular.  

Sedangkan sasaran non fisik kegiatannya yang dilaksanakan meliputi penyuluhan tentang pendidikan, penyuluhan tentang kesehatan, peternakan, pertanian dan penyuluhan tentang wawasan kebangsaan Pancasila dan empat pilar MPR RI.

TMMD 113 Kodim 0507 Bekasi ini bertujuan untuk memberikan solusi agar masyarakat dapat lebih sejahtera dengan memiliki kondisi jalan yang baik dan terhindar dari ancaman banjir yang sering melanda pemukiman ini sebelumnya.

 

Pangdam Jaya/Jayakarta, Mayjen TNI Untung Budiharto.

“Program TMMD dilaksanakan untuk membantu pemerintah memberdayakan wilayah serta meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah untuk kepentingan pertahanan negara. Dengan mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh kuat untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh karenanya, saya ucapkan terimakasih, dengan saling bekerjasama hingga semua pekerjaan dapat selesai sebelum waktu,” Pangdam Jaya/Jayakarta, Mayjen TNI Untung Budiharto.

 

Plt Wali Kota Bekasi, Dr. Tri Adhianto Tjahyono.

“Jadi kegiatan TMMD ke-113 ini saya kira merupakan satu perwujudan satu konsep pembangunan terdiri dari tiga pilar yaitu TNI, Polri dan Pemerintah Kota Bekasi. Hal-hal ini yang bisa kita lakukan dengan cara-cara yang informal, bukan cara-cara yang dogmatis formal seakan-akan pemerintah jauh dari warga masyarakat. Tapi bagaimana masyarakat ada rasa memiliki terhadap Polri, terhadap TNI dan juga Pemerintah Daerah,” kata Plt Wali Kota Bekasi, Dr. Tri Adhianto Tjahyono.

Pendam Jaya sebagai Badan Pelaksana Kodam Jaya melaksanakan fungsinya dalam mempublikasi setiap berita dan informasi terkait kegiatan PMMD ke 113 secara aktif, intens berkolaborasi dengan media yang ada untuk terus memberitakan hal-hal terkini dari setiap kegiatan TMMD yang sedang berjalan.

“Selama kegiatan program TMMD regular ke 113 berlangsung Pendam Jaya melaksanakan peran dan fungsinya dengan melakukan peliputan dan publikasi pemberitaan mulai dari awal kegiatan, selama proses kegiatan sampai dengan selesai,” ujar Kapendam Jaya/Jayakarta, Letkol CPM D. Indra Wirawan.

“Tentunya dalam publikasi kegiatan pmmd tidak lepas dari peran rekan-rekan media baik media online, media cetak dan media elektronik,” imbuhnya.

Kegiatan yang dipublikasi oleh Pendam Jaya dan insan media ini diharapkan mampu menyampaikan pesan positif kepada masyarakat luas tentang arti serta manfaat besar kegiatan TMMD ke-113.

Warga dan pengurus wilayah setempat mengucapkan terimakasih kepada Kodim 0507 Bekasi, Polri dan Pemerintah Kota Bekasi yang telah melaksakanan kegiatan TMMD ke-113 di wilayahnya.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close