Tak Hanya Banjir Bandang, di Semarang Ada Tanah Ambles 12 Meter

Nusantaratv.com - 14 Maret 2024

Jalan di atas sebuah gorong-gorong di Perumahan Permata Puri, Ngaliyan, Kota Semarang. (Foto: ANTARA/I.C. Senjaya)
Jalan di atas sebuah gorong-gorong di Perumahan Permata Puri, Ngaliyan, Kota Semarang. (Foto: ANTARA/I.C. Senjaya)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Bencana di Semarang bukan hanya banjir badang, ada juga Tanah amblas sedalam 12 meter terjadi di perumahan Permata Puri, Ngaliyan, Kota Semarang. Peristiwa itu persis terjadi di atas gotong-gorong. Meski kejadian itu menimbulkan kerusakan parah tapi tidak ada korban jiwa.

Dilansir melalui Antara, Menurut Ahmad Subaidi (54), seorang warga yang tinggal di sekitar lokasi kejadian, tanda-tanda amblesnya jalan sudah terlihat sejak Rabu malam saat hujan deras mengguyur daerah tersebut. "Tadi malam saat hujan deras, ada suara tanah ambles, ternyata sudah turun beberapa cm," ungkapnya.

Kondisi semakin memburuk ketika jalan di samping rumahnya itu amblas lebih dalam, bahkan sebuah tiang listrik pun ikut terjatuh ke dalam jalan yang ambles. Dampaknya tidak hanya pada jalan, setidaknya dua rumah juga mengalami kerusakan akibat tanah ambles tersebut.

Ahmad menjelaskan bahwa di bawah ruas jalan yang amblas tersebut terdapat gorong-gorong yang merupakan aliran sungai. Ia berharap pihak terkait segera memperbaiki ruas jalan tersebut dengan pengerjaan yang sesuai untuk menghindari kejadian serupa di masa mendatang.

Sementara itu, untuk keselamatan keluarganya, Ahmad dan anggota keluarganya harus mengungsi ke rumah kerabat akibat kerusakan yang berdampak pada tempat tinggal mereka.

Hujan deras dengan intensitas sedang hingga tinggi telah melanda Kota Semarang dan sekitarnya sejak Rabu siang hingga Kamis. Berbagai daerah di Kota Semarang mengalami genangan air serta kejadian pohon tumbang di berbagai titik akibat hujan yang disertai angin kencang.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close