Tak Hadiri Pelantikan AHY Sebagai Menteri, Ternyata Moeldoko di Sini..

Nusantaratv.com - 21 Februari 2024

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat menjadi pembicara di forum FAO di Sri Lanka. (Instagram)
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat menjadi pembicara di forum FAO di Sri Lanka. (Instagram)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengklarifikasi ketidakhadirannya dalam acara pelantikan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), di Istana Negara, Jakarta hari ini. Menurut Moeldoko, ketika pelantikan AHY dirinya tengah didapuk menjadi pembicara di acara organisasi internasional, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). 

"Yang cari saya hari ini, tenang-tenang saya ada di sini," ujar Moeldoko dalam unggahan Instagram miliknya, @dr_moeldoko, Rabu (21/2/2024). 

"Saya sedang menjadi pembicara konferensi FAO (organisasi pangan dan pertanian PBB) Asia Pasifik yang dihadiri oleh 34 delegasi negara," imbuhnya. 

Dalam kesempatan itu, Moeldoko mengaku memaparkan tiga prioritas transformasi pertanian dan pangan guna menghadapi krisis pangan di Asia Pasifik.

Pertama, kata dia, transformasi cara bertani dengan menekankan pentingnya mendorong pertanian yang lebih efisien dengan teknologi dan berkelanjutan. Kerja sama kawasan dalam pengembangan teknologi pertanian perlu diperkuat.

"Kedua, transformasi produk pangan. Kawasan Asia Pasifik, yang kaya sumber daya hayati, harus membangun ketahanan pangan dengan diversifikasi pangan," imbuhnya. 

Ketiga, lanjut Moeldoko, transformasi aktor atau petani dengan menyoroti masalah regenerasi petani di kawasan dan dunia. 

"Petani semakin tua dan sulit menarik minat anak muda. Untuk menjawab tantangan ini, Indonesia bekerja sama dengan FAO membangun program regenerasi petani," jelas Moeldoko. 

"Program ini meliputi pelatihan berjenjang dari hulu ke hilir, termasuk penggunaan teknologi smart farming dan cara berbisnis yang menguntungkan," sambung mantan Panglima TNI. 

Di akhir unggahannya, Moeldoko pun mengucapkan selamat kepada AHY yang telah menjadi bagian dari pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Ia juga menghaturkan ucapan yang sama ke Hadi Tjahjanto, yang kini menjabat Menko Polhukam, menggantikan Mahfud MD yang mengundurkan diri lantaran maju sebagai calon wakil presiden di Pemilu 2024. 

"Saya ucapkan juga selamat kepada Pak @hadi.tjahjanto dan Mas @agusyudhoyono yang telah dilantik oleh Presiden @jokowi menjadi menteri Kabinet Indonesia Maju. Mohon maaf saya tidak bisa menghadiri pelantikan karena harus menjalankan tugas saya sebagai Kepala @kantorstafpresidenri untuk menjadi pembicara forum @fao di Sri Lanka," jelas dia.

Diketahui, Moeldoko dan AHY sempat berkonflik pada kisruh internal Partai Demokrat. AHY merupakan Ketua Umum Partai Demokrat, sementara Moeldoko terpilih menjadi ketua umum partai yang sama, melalui kongres luar biasa (KLB) pada 5 Maret 2021.

KLB digagas oleh sejumlah politikus Demokrat yang tak setuju dengan kepemimpinan AHY, yang beberapa di antaranya Marzuki Alie dan Jhoni Allen.

Konflik ini kemudian berlanjut ke jalur hukum. Mahkamah Agung menolak kasasi Moeldoko terkait kepengurusan Demokrat pada 3 Oktober 2022. Moeldoko lalu mengajukan peninjauan kembali (PK), tapi MA kembali menolaknya pada 10 Agustus 2023.

Kepemimpinan AHY di Demokrat pun berlanjut hingga kini. Dia membawa Demokrat masuk ke Koalisi Indonesia Maju, koalisi pendukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close