Tahun Ini, Jalan Daendels Pansela Diperbaiki

Nusantaratv.com - 21 Maret 2023

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengatakan perbaikan Jalan Daendels di wilayah Kebumen atau Pantai Selatan (Pansela) akan segera dimulai pada tahun ini. (Istimewa/Pengprov Jateng)
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengatakan perbaikan Jalan Daendels di wilayah Kebumen atau Pantai Selatan (Pansela) akan segera dimulai pada tahun ini. (Istimewa/Pengprov Jateng)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Perbaikan Jalan Daendels di wilayah Kebumen atau Pantai Selatan (Pansela) akan segera dimulai pada tahun ini.

Masalah Jalan Daendels di Kebumen menjadi perhatian serius Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. Setelah dilakukan pengecekan, ternyata jalan tersebut tidak memiliki status kepemilikan.

Kondisi ini menyebabkan banyak pihak merasa kesulitan karena tidak ada yang bertanggung jawab atas perbaikan jalan tersebut. Ganjar mengatakan status jalan yang sempat menjadi perdebatan itu sudah jelas dan bakal diserahkan sebagai jalan kabupaten.

"Kebumen itu paling masalah Jalan Daendels. Setelah kami cek, itu ternyata jalan tak bertuan. Pusat bukan, provinsi bukan, kabupaten bukan. Semua marah lewat situ. Apalagi waktu jalur Selatan dibangun. Sekarang statusnya sudah jelas, masuk jalan kabupaten," kata Ganjar Pranowo saat Musrenbangwil Barlingmascakeb di Pendapa Kabupaten Kebumen, Senin (20/3/2023).

Saat mendampingi kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Kebumen beberapa waktu lalu, Ganjar menyampaikan kondisi Jalan Daendels. Menurutnya, Jalan Daendels tidak lagi masuk kategori rusak, tetapi remuk. Namun, karena tidak memiliki status kepemilikan, perbaikan tidak dapat dilakukan.

Orang nomor satu di Jateng itu memberikan kabar gembira jika perbaikan Jalan Daendels tersebut akan segera dimulai pada tahun ini. Pemerintah telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp68 miliar untuk perbaikan jalan tersebut. Setelah selesai diperbaiki, jalan akan diserahkan ke kabupaten.

"Anggaran tidak ada, kebetulan lagi anterin Presiden. Jalan ini tidak masuk kategori rusak, tapi remuk. Ini tanpa status. Karena ini ada Inpres infrastruktur sampai ke desa, akhirnya dapat Rp68 miliar," ujar Ganjar di depan peserta Musrenbangwil.

Ganjar meminta kepada camat dan kades untuk ikut mensosialisasikan kepada masyarakat atau memasang peringatan di sepanjang jalan jika akan diperbaiki pada tahun ini. Dengan demikian, masyarakat dapat mempersiapkan diri sebelum perbaikan dimulai.

"Saya minta bantuan camat dan kades untuk ikut menyosialisasikan kepada masyarakat, atau memasang peringatan di sepanjang jalan, bahwa akan diperbaiki pada tahun ini," tukas Ganjar.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])