Tabrakan Japan Airlines dengan Pesawat Penjaga Pantai di Landasan Pacu, 5 Awak Tewas

Nusantaratv.com - 02 Januari 2024

Pesawat Japan Airlines terbakar di landasan pacu Bandara Haneda Tokyo/ist
Pesawat Japan Airlines terbakar di landasan pacu Bandara Haneda Tokyo/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Pesawat Japan Airlines terbakar di landasan pacu Bandara Haneda Tokyo setelah bertabrakan dengan pesawat penjaga pantai, pada Selasa (2/1/2024) waktu setempat. Pesawat itu terbang dari Sapporo di Jepang utara menuju Tokyo. 

Rekaman video menunjukkan Airbus A350 terbakar saat bergerak di sepanjang landasan sebelum akhirnya berhenti. Tim penyelamat terlihat memadamkan api.

Seluruh 367 penumpang dan 12 awak pesawat Japan Airlines secara ajaib berhasil menyelamatkan diri dari amukan si jago merah yang melalap seluruh bagian tubuh pesawat. Tetapi ada 17 orang terluka.

Baca juga: Kebakaran Japan Airlines: Ratusan Penumpang dan Awak Melarikan Diri dari Pesawat yang Terbakar di Landasan Pacu Bandara Haneda-Tokyo

Lima dari enam awak pesawat penjaga pantai MA722 tewas, sementara pilotnya dalam kondisi kritis, menurut Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo. Para kru sedang menuju Bandara Niigata di Jepang barat untuk membawa bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak gempa bumi dahsyat yang melanda daerah tersebut pada hari Senin, menurut Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang.

Gempa berkekuatan 7,6 skala Richter di Ishikawa menewaskan sedikitnya 48 orang dan menyebabkan puluhan lainnya terluka atau hilang, menyebabkan kerusakan luas dan memicu peringatan tsunami pada hari Senin.

Semua penerbangan yang berangkat dari Bandara Haneda telah ditangguhkan sepanjang sisa malam itu. Area keberangkatan dipenuhi pemudik yang menunggu penjadwalan ulang penerbangan, antrean panjang di restoran dan ruang tunggu.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close