Tabanan Hadirkan Pasukan 'Pedang Tridatu' Pada Pesta Kesenian Bali 2023

Nusantaratv.com - 29 Mei 2023

Pesta Kesenian Bali 2023
Pesta Kesenian Bali 2023

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Pesta Kesenian Bali (PKB) 2023 akan digelar tanggal 18 Juni dengan mengangkat tema "Segara Kerthi: Prabhaneka Sandhi" (Samudera Citra Peradaban) dimaknai sebagai upaya pemuliaan laut sebagai sumber kesejahteraan semesta yang menjadi asal mulai lahirnya suatu peradaban.

Pemerintah Provinsi Bali juga tengah melakukan berbagai persiapan untuk menyukseskan pesta kesenian yang melibatkan sedikitnya 18.974 seniman.

Kepala Bidang Kesenian Dinas Kebudayaan Kabupaten Tabanan, Ni Luh Nyoman Sri Suryati mengatakan, PKB tahun 2023 dipastikan bakal membuat para pengunjung terpukau.

Salah satu yang menjadi sorotan pada perayaan PKB  2023 di Kabupaten Tabanan adalah kehadiran pasukan "Pedang Tridatu" dalam pawai. Kemudian, ada juga atraksi penampilan tari maskot Jayaning Singasana AUM yang merupakan simbol kekuatan dan keindahan seni di Bali.

“Pasukan "Pedang Tridatu" ini mencerminkan karakteristik dari setiap warna yang ada dalam Pasukan Perang, yaitu keberanian (merah), kebijaksanaan (hitam), dan keikhlasan (putih),” ucapnya Senin 29 Mei 2023.

Ni Luh Nyoman Sri Suryati juga menjelaskan bahwa perbedaan karakteristik ini juga tercermin dalam gerakan dan senjata pedang yang digunakan oleh pasukan tersebut.

Melalui karya ini, Kabupaten Tabanan ingin menggambarkan filosofi pemerintahannya yang berani, bijaksana, dan tulus dalam mewujudkan Tabanan yang Aman, Unggul, dan Madani.

"Pawai pembukaan telah diberikan batasan cerita oleh tim kurator Provinsi. Kami di daerah telah mengemasnya dalam bentuk karya yang memukau. Pembinaan dan persiapan untuk pawai ini sudah dilakukan sejak bulan April. Dan saat ini sudah 90 persen persiapannya,” jelasnya.

Selain penampilan pasukan "Pedang Tridatu", PKB 2023 juga akan menampilkan karya tematik berjudul "Bhayangkara".

Dalam karya tematik ini, cerita tentang Tanah Lot akan diangkat, khususnya saat Danghyang Nirarta datang ke Desa Beraban untuk menyebarkan ajaran Agama Hindu.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])