Survei Poltracking Indonesia: Prabowo-Gibran Menang Telak di Jatim!

Nusantaratv.com - 06 Februari 2024

Capres-cawapres Prabowo-Gibran. (Liputan6)
Capres-cawapres Prabowo-Gibran. (Liputan6)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul di Jawa Timur (Jatim). Elektabilitas pasangan calon (paslon) nomor urut 2 itu bahkan mencapai hingga lebih dari 60 persen. 

Ini merupakan hasil survei Poltracking Indonesia. 

Dalam pertanyaan siapa paslon yang akan dipilih jika Pilpres 2024 dilaksanakan hari ini, mayoritas dari 8.000 responden yang menjadi sampel, menyatakan lebih memilih Prabowo-Gibran. 

"Simulasi surat suara tiga pasangan capres-cawapres, pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memperoleh elektabilitas 60,1 persen, diikuti pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan elektabilitas 17,2 persen dan pasangan no urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan elektabilitas 14,9 persen," ujar Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda AR, dalam keterangannya, Selasa (6/2/2024). 

Survei dilakukan pada 25-31 Januari 2024 di 11 daerah pemilihan (dapil) DPR RI Jawa Timur. Survei ini menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error +/- 1.1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Hanta Yuda pun menjelaskan tren elektabilitas masing-masing capres-cawapres di Jatim. Untuk Anies-Muhaimin, sempat turun di bulan Juni 2023, dan sedikit mengalami kenaikan di September 2023. Kendati telah menggandeng Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar yang memiliki basis massa besar di Jawa Timur, berkat partai yang dianggap terafiliasi dengan Nahdlatul Ulama (NU), hal itu nampaknya diperkirakan tak banyak membantu perolehan suara paslon nomor urut 1 di Jatim. 

"Setelah memastikan Muhaimin Iskandar sebagai cawapres Anies Baswedan, rentang September 2023 ke Januari 2024 tren elektoral relatif stabil dengan sedikit kenaikan yakni 1,3 persen," kata dia. 

Sementara tren pergerakan elektoral Prabowo Subianto di Jatim, konsisten mengalami tren kenaikan sejak Juni 2023. Kenaikan signifikan terjadi dari rentang September 2023 ke Januari 2024, yakni 19,5 persen, dimana dalam rentang tersebut Prabowo Subianto dipastikan berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka. 

Sedangkan tren elektabilitas Ganjar Pranowo di Jatim relatif stabil memimpin sejak Mei 2022 hingga Juni 2023, namun disalip Prabowo Subianto pada September 2023.

"Setelah September 2023 tren elektabilitas Ganjar Pranowo mengalami penurunan 21,0 persen di Januari 2024 meski sudah dipastikan menggandeng Mahfud MD sebagai cawapres," kata Hanta Yuda. 

Adapun dalam pengambilan sampel survei pada setiap dapil, memperhatikan keterwakilan seluruh kecamatan yang ada di dapil tersebut. Dengan tetap mempertimbangkan proporsi DPT di setiap kabupaten/kota. Hasil olah data di level provinsi, menggunakan agregat 8.000 responden tanpa dilakukan pembobotan di kabupaten/kota, karena hasilnya tidak jauh berbeda dengan hasil olahan data agregat. 

Pengumpulan data dilakukan oleh pewawancara terlatih melalui wawancara tatap muka, dengan menggunakan teknologi aplikasi digital terhadap responden yang telah terpilih secara acak.

"Maksud dan tujuan dari survei ini adalah untuk mengukur peta kekuatan elektoral terkini capres-cawapres dan partai politik di Jawa Timur mendekati hari pemilihan," tandas Hanta Yuda. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close