Survei CSIS: Bukan Rekam Jejak, Ini  Alasan Utama Masyarakat Memilih Capres

Nusantaratv.com - 28 Desember 2023

Para Calon Presiden Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan pada debat perdana Capres/ist
Para Calon Presiden Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan pada debat perdana Capres/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Centre for Strategic and International Studies (CSIS) yang merupakan wadah pemikir (institut penelitian) baru saja merilis hasil survei terbarunya terkait Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 hingga tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. 

Dalam rilis yang dikirimkan kepada media, Rabu (27/12/2023) dijelaskan survei dilakukan untuk memotret Peta Pilpres Terkini Pasca Debat Calon Presiden. Survei dilaksanakan pada periode 13-18 Desember 2023. 

Wilayah survei meliputi 34 provinsi di Indonesia dengan penarikan sampel sepenuhnya dilakukan secara acak menggunakan metode multistage random sampling. 

Adapun jumlah sampel mencapai 1300 sampel dengan margin of error' +/-2,7% pada tingkat kepercayaan 95%. 

Terdapat temuan menarik pada survei Alasan Memilih Capres/Cawapres dan Karakter Pemimpin yang Ideal. Faktor rekam jejak ternyata tidak menjadi alasan paling utama para responden dalam menentukan pilihannya. Jumlah responden yang memilih karena rekam jejak hanya 8,5%. 

Tidak korupsi menjadi alasan utama para responden dalam memilih Capres/Cawapres dengan angka mencapai 31,8%. Kemudian alasan tertinggi berikutnya adalah Merakyat yang mencapai 24,9%. Berikutnya Jujur di angka 24,2%. Pemimpin yang kuat 
(tegas berwibawa) dengan 23,0% dan 21,6%. Setelah itu Cerdas/Pintar di angka 8,6% dan 6,8%. 

Alasan memilih karena Penampilan Menarik/Tampan menempati posisi terbawah di angka 0,5% dan 0,2%. 

Sementara terkait kepuasan terhadap kinerja pemerintahan. Sebagian besar pemilih Prabowo dan Ganjar mengaku puas dengan kinerja pemerintahan, sedangkan pemilih Anies terbelah dua antara yang mengaku puas dan tidak puas dengan kinerja pemerintahan.

Baca juga: Round Up Kegiatan Capres-Cawapres di Hari ke-24 Masa Kampanye 

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 
Puas 52,2%
Tidak puas 47,8%

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka
Puas 80,5%
Tidak puas 19,5%

Ganjar Pranowo-Mahfud MD 
Puas 87,3%
Tidak puas 12,3%
Tidak tahu atau tidak jawab 0,4%

Rahasia/belum menentukan pilihan
Puas 74,7%
Tidak puas 24,1%
Tidak tahu atau tidak jawab 1,2%

Berdasarkan hasil survei kali ini kepuasan pemilih terhadap kinerja pemerintahan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin masih tinggi di angka 74%. Sementara kepercayaan terhadap Presiden mencapai 86,1%

Isu ekonomi masih menjadi faktor utama yang diperhatikan pemilih. Survei menunjukkan sikap pemilih kritis terhadap masalah-masalah utama saat ini dirasakan seperti stabilitas harga sembako, akses lapangan kerja dan distribusi bantuan sosial yang belum merata

Hampir sepertiga dari pemilih (31,6%) mengaku pernah menerima program Bantuan Sosial (Bansos) dalam 3 bulan terakhir dan dari penerima tersebut tersebar pilihannya kepada tiga pasangan calon presiden

Evaluasi pemilih terhadap agenda ekonomi nasional juga masih cukup terbelah antara yang mengaku kinerja ekonomi nasional baik (55,2%) dan buruk (44,2%). 

CSIS juga menyasar survei untuk mengetahui tingkat elektabilitas dari tiga pasangan Capres/Cawapres terkini pasca debat perdana Capres yang digelar di Kantor Pusat KPU Jakarta pada 12 Desember 2023. 

Hasilnya, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabing Raka memiliki tingkat elektabilitas tertinggi mencapai 43,7%. Disusul duet 
Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di angka 26,1%. Di posisi terakhir ada pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan 19,4%. 

Pemilu 2024 akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024. Selain memilih Presiden dan Wakil Presden, di ajang pesta demokrasi nanti masyarakat juga akan memilih para Anggota DPR RI, DPRD dan DPD untuk masa bakti 2024-2029. 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close