Survei CSIS: 74% Responden Puas Kinerja Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf

Nusantaratv.com - 27 Desember 2023

Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin. (Net)
Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) melakukan survei tingkat kepuasan pemilih terhadap kinerja pemerintah Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Hasil survei menyebut 74,0% publik puas dengan kinerja pemerintah.

Responden survei diberi pertanyaan 'Secara umum seberapa puaskah Ibu/Bapak dengan kinerja pemerintahan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin saat ini?'. Berikut hasilnya:

- tidak puas: 25,8%
- puas: 74,0%.

Survei ini turut merinci terkait kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah di beberapa program. Ada tentang kesejahteraan masyarakat hingga korupsi.

Hasilnya sebagai berikut:

- Meningkatkan kesejahteraan masyarakat:
Puas; 69,5%
Tidak puas; 29,9%
Tidak tahu/tidak jawab: 0,5%

- Mengurangi angka kemiskinan;
Puas : 53,8%
Tidak puas: 45,5%
Tidak tahu/tidak jawab: 0,7%

- Mengurangi angka korupsi;
Puas: 48,4%
Tidak puas: 50,3%
Tidak tahu/tidak jawab: 1,3%

- Menjaga stabilitas harga bahan pokok;
Puas: 41,4%
Tidak puas: 58,2%
Tidak tahu/tidak jawab: 0,5%

"Secara umum 74% pemilih mengaku puas dengan kinerja pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Bila diuji pada 4 bidang strategis: sebagian besar besar puas pada kinerja pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi angka kemiskinan. Sementara, sebagian besar lainnya mengaku tidak puas terhadap terhadap kinerja pemerintah dalam menjaga stabilitas harga bahan pokok," ujar Ketua Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes saat pemaparan hasil survei melalui YouTube CSIS, Rabu (27/12/2023).

Diketahui, survei dilakukan pada 13-18 Desember 2023. Survei ini dilakukan dengan metode survei multistage random sampling dengan jumlah sample sebesar 1.300 orang yang tersebar di 34 Provinsi Indonesia. Margin of error survei ini sebesar plus minus 2,7 persen dengan tingkat kepercayaan 95%.

Responden survei adalah penduduk Indonesia yang berusia 17 tahun atau yang sudah menikah saat survei dilakukan. Survei menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close