Sultan Larang Skuter Listrik Melintas di Malioboro, Ini Penyebabnya..

Nusantaratv.com - 31 Maret 2022

Jalan Malioboro. (Net)
Jalan Malioboro. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X resmi melarang beroperasinya skuter listrik di beberapa ruas jalan, termasuk Malioboro.

Kebijakan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Gubernur DIY Nomor 551/4671 tentang Larangan Operasional Kendaraan Tertentu Menggunakan Penggerak Motor Listrik di Jalan Margo Utomo, Jalan Malioboro, dan Jalan Margo Mulya. SE diteken dan terbit pada hari ini, Kamis (31/3/2022).

Tertulis pada SE, pelarangan operasional kendaraan dengan penggerak motor listrik terkait dengan upaya mewujudkan satuan ruang strategis sumbu filosofis yang memerlukan penataan kawasan.

"Khususnya kawasan pedestrian yang meliputi Jalan Margo Utomo, Jalan Malioboro, dan Jalan Margo Mulya," bunyi SE.

Menurut SE, penataan kawasan tersebut termasuk dalam pengaturan penggunaan kendaraan tertentu menggunakan penggerak motor listrik yang meliputi, skuter listrik, hoverboard, electric unicycle, dan otopet listrik.

"Guna mendukung lalu lintas yang aman, selamat, tertib dan lancar, serta memberikan kenyamanan bagi pejalan kaki maka tidak diperkenankan penggunaan kendaraan tertentu menggunakan penggerak motor listrik di Jalan Margo Utomo, Jalan Malioboro, dan Jalan Margo Mulya," sambung SE.

Penggunaan kendaraan tertentu menggunakan penggerak motor listrik, sesuai SE tersebut, dikecualikan bagi pelaksanaan tugas pihak yang berwenang.

Sultan sendiri beberapa waktu lalu menegaskan bahwa kawasan pedestrian hanya diperuntukkan bagi para pejalan kaki.

"Kalau saya ya kan hanya sediakan untuk pejalan kaki, enggak ada otopet enggak ada yang lain," ujar Sultan di Kantor DPRD DIY, Senin (28/3/2022).

Wacana penertiban pemakaian skuter listrik oleh Pemda DIY ini mengemuka sejak Januari 2022 lalu. Pemerintah, ketika itu berencana menertibkan penggunaan kendaraan yang mulai kerap ditemukan di jalanan umum ini.

Di samping sepanjang Jalan Malioboro, keberadaan skuter listrik juga banyak didapati di seputaran kawasan Tugu Pal Putih Yogyakarta.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close