Sukacita dan Penuh Kasih, Punguan Raja Parmahan Silalahi Dohot Boru se-Jabodetabek Helat Pesta Partangiangan dan Pelantikan Pengurus 2023-2026

Nusantaratv.com - 28 Mei 2023

Punguan Raja Parmahan Silalahi Dohot Boru se-Jabodetabek menghelat Pesta Partangiangan dan Pelantikan Pengurus 2023-2026.
Punguan Raja Parmahan Silalahi Dohot Boru se-Jabodetabek menghelat Pesta Partangiangan dan Pelantikan Pengurus 2023-2026.

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Punguan Raja Bunga-Bunga Gelar Raja Parmahan Silalahi Dohot Boru se-Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi) menghelat pesta Partangiangan dan Pelantikan Pengurus Periode 2023-2026, di Gedung Mulia, Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu, 28 Mei 2023.

Pesta Partangiangan yang dilaksanakan dengan penuh suka cita dan kasih ini diharapkan memiliki makna spiritual yang dalam, sebagai wujud pemulihan dan penyegaran iman bersama. Selain itu, pesta Partangiangan ini juga sebagai peneguhan kembali persaudaraan dan kekeluargaan Punguan Raja Parmahan Silalahi.

Hal ini sejalan dengan tema yang diambil dari Kolose 3: 14-25, "Kenakanlah Kasih Sebagai Pengikat yang Mempersatukan", dan sub tema "Dengan Semangat Pentakosta Marilah Kita Bangun Persekutuan yang Kokoh, Kuat dan Rukun Bagi Pomparan Raja Parmahan Silalahi Boru Bere se-Jabodetabek".

Pesta Partangiangan ini diawali kebaktian yang dipimpin Pendeta (Pdt) JAU Doloksaribu, M.Th. Bersamaan dengan pesta Partangiangan dilaksanakan Pelantikan Pengurus Punguan Raja Parmahan Silalahi Dohot Boru se-Jabodetabek periode 2023-2026.

Ketua Panitia Pesta Partangiangan dan Pelantikan Pengurus Punguan Raja Parmahan Silalahi Dohot Boru se-Jabodetabek, Karmadi Silalahi,  S.E., mengatakan tujuan digelarnya acara ini yaitu untuk mempererat serta menyatukan semua Pomparan Raja Parmahan Silalahi se-Jabodetabek.

"Jumlah anggota yang hadir diperkirakan 1.500 orang. Kalau untuk mengumpulkan orang seperti ini biasanya dalam tradisi orang Batak pasti antusiasme Punguan atau perkumpulan itu sangat besar. Dimana untuk acara ini kami persiapkan lebih kurang tiga bulan lalu," ujar Karmadi Silalahi.

Dia berharap anggota maupun pengurus Punguan Raja Parmahan Silalahi Dohot Boru se-Jabodetabek bisa lebih aktif dalam membesarkan perkumpulan ini. "Kalau bisa dibilang sekitar 70-80 persen anggota aktif di punguan. Tapi harapan kami bisa lebih dari itu. Semoga kedepannya pengurus yang baru ini bisa lebih mempererat hubungan antar punguan," ucapnya.

Sedangkan Ketua Terpilih Punguan Raja Parmahan Silalahi Dohot Boru se-Jabodetabek periode 2023-2026, Firmauli Silalahi, B.cIP., S.H., M.H., mengingatkan kepada seluruh anggota dan pengurus untuk bisa saling asah, asih dan asuh. "Kita pupuk kebersamaan, semakin harmonis, solid, kompak, memelihara kasih, dan peduli pada sesama," cetus Firmauli Silalahi.

Untuk program kedepan, dia mengungkapkan, pihaknya akan memaksimalkan potensi generasi muda. "Program ke depan adalah memajukan generasi muda agar mereka mampu menghadapi kehidupan di masa datang," cetus Firmauli Silalahi yang terpilih sebagai ketua untuk ketiga kalinya itu.

Ketua Parhata yang juga Koordinator Bidang Adat dan Budaya, Tulus Hamonangan Silalahi, S.H., menjelaskan acara ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan tiga tahun sekali dalam memilih pengurus Punguan Raja Parmahan Silalahi Dohot Boru se-Jabodetabek.

"Harusnya pelantikan pengurus dilakukan 3 tahun sekali. Tapi kepengurusan periode sebelumnya kami tidak melaksanakan acara ini karena masih pandemi Covid, dimana tidak boleh mengadakan perkumpulan seperti hari ini. Dan, Firmauli (Silalahi) kembali terpilih untuk periode ketiga," sebut Tulus Hamonangan Silalahi. 

Dia berharap pada periode selanjutnya akan ada generasi muda yang memiliki potensi serta memiliki wawasan luas yang bisa memimpin Punguan Raja Parmahan Silalahi Dohot Boru se-Jabodetabek ini.

"Di Punguan itu tidak boleh single fighter. Butuh kerja sama yang baik, kerukunan antar anggota maupun pengurus, sehingga tercipta punguan yang solid," terang Tulus Hamonangan Silalahi.

Selain itu, kata dia, dibutuhkan rasa kasih. Karena tanpa ada kasih, maka semua program tidak bisa berjalan dengan baik. "Yang pasti harus saling mengasihi, dan menanamkan cinta kasih, agar dapat bersatu untuk periode yang akan datang. Selain itu, harus saling support dan saling mendukung," imbuhnya.

Di sisi lain, Tulus Hamonangan Silalahi mengapresiasi kehadiran Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Sondang Tampubolon pada acara ini. Menurutnya, kehadiran Sondang Tampubolon sebagai suatu kehormatan bagi Anggota maupun Pengurus Punguan Raja Parmahan Silalahi Dohot Boru se-Jabodetabek.

"Beliau mau hadir di acara ini merupakan suatu kehormatan bagi kami. Mudah-mudahan kehadiran Sondang Tampubolon bisa memberikan dukungan terutama kepada Punguan Raja Parmahan Silalahi yang diharapkan bisa memberikan sumbangsih kepada negara dan bangsa ini," kata Tulus Hamonangan Silalahi.

Sementara itu, Anggota Komisi VI DPR RI Sondang Tampubolon mengaku bersyukur mendapatkan undangan khusus dari Punguan Raja Parmahan Silalahi untuk menghadiri acara ini.

"Hari ini saya sangat bersyukur dapat undangan secara khusus dari Punguan Raja Parmahan Silalahi. Dan ini adalah salah satu bentuk perwujudan saya mendukung pelestarian kebudayaan nasional salah satunya adalah kebudayaan Batak. Di mana saya memiliki darah Batak Toba yaitu Tampubolon. Kami ini kalau dari silsilah adat Batak bahwa Tampubolon itu adalah kakak beradik dengan Silalahi," ujar Sondang Tampubolon.

Dia juga mengucapkan selamat atas dilantiknya kepengurusan baru yang dipimpin Firmauli Silalahi sebagai ketua Raja Parmahan Silalahi. "Semoga menjadi Ketua se-Jabodetabek ini bisa memperkuat, mempererat tali silaturahmi diantara Raja Parmahan Silalahi," lanjutnya. 

Menurutnya, ada tugas berat besar yang harus dilakukan oleh para pengurus agar bisa melanjutkan estafet daripada tradisi budaya Batak "Karena kita tahu sekali bahwa hari-hari ini adalah di mana informasi bebas masuk, budaya asing juga bebas masuk, tetapi jangan lupa bahwa generasi muda memiliki budaya dan akarnya masing-masing. Jangan sampai warisan budaya yang merupakan kekayaan dan kekuatan bangsa Indonesia ini hilang," ucap Sondang Tampubolon.

"Oleh karenanya saya berharap melalui kepengurusan ini bisa mengkader generasi muda untuk bisa bergabung dalam Punguan Raja Parmahan Silalahi dan melestarikan budaya ini," tukas Sondang Tampubolon.

Pada Pesta Partangiangan Punguan Raja Bunga-Bunga Gelar Raja Parmahan Silalahi Dohot Boru se-Jabodetabek ini juga diadakan acara manortor dari tiap kelompok. 

Acara semakin meriah dengan penampilan RNB Trio, Rita Butar-Butar, dan Las Pados Music. Tak lupa, panitia mengundi doorprize dengan membagikan berbagai hadiah elektronik hingga sepeda motor. Bersamaan dengan acara ini juga digelar pemeriksaan kesehatan gratis bekerja sama dengan Rumah Sakit Jantung Jakarta (Jakarta Heart Center).

Berikut susunan Pengurus Punguan Raja Bunga-Bunga Gelar Raja Parmahan Silalahi Dohot Boru se-Jabodetabek periode 2023-2026:

Dewan Pengawas

A. Ketua: Drs. Immanuel P. Silalahi, S.H., M.Hum

Wakil Ketua

- Ny. WMW. Silalahi, Op. Sahap br. Siahaaan
- Pdt. JAU. Doloksaribu, M.Th
- Leonard Silalahi, S.E., S.H
- Drs. Parasdi Silalahi
- St. Kartisius Sinurat, S.H., M.H
- Robert Silalahi, S.T
- Drs. Rolan Amir Nadapdap, Ak., M.Si 

B. Sekretaris: 

Wakil Sekretaris

- Ir. Minter Silalahi, M.T
- Karmadi Silalahi, S.E
- Ruslyn Silalahi
- Mulatua Sinurat, S.Kom., M.M

Dewan Pengurus 

Ketua Umum: Firmauli Silalahi, B.cIP., S.H., M.H
Ketua I: Poloser Silalahi
Ketua II: St. James Doloksaribu
Ketua III: Nurdin Silalahi
Ketua IV: Edison Silalahi
Ketua V: Henri Sinurat, S.E., Ak., CA., CPA., M.Ak
Ketua VI: Salmon Nadapdap, S.H., M.Si

Sekretaris Umum: Marthin Silalahi
Sekretaris I: St. Drs. Togap Silalahi, M.Si
Sekretaris II: St. Parlinggoman Sinurat, S.E
Sekretaris III: Hairul Nadapdap
Sekretaris IV: Anggiat Silalahi, S.T 
Sekretaris V: Ir. Edward Naiborhu
Sekretaris VI: Erwin Doloksaribu

Bendara Umum: Firman Silalahi, S.E
Bendahara I: St. Ir. Res Roberto Sinurat
Bendahara II: Ny. Landong, Martina br. Situmorang
Bendahara III: Freddy Silalahi, S.E
Bendahara IV: St. Hotben Doloksaribu, S.E., M.M
Bendahara V: Ny. R Simanjuntak, Mery br. Silalahi
Bendahara VI: Ny. Marbun, Melva br. Silalahi

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])