Status Pandemi Covid-19 Resmi Dicabut

Nusantaratv.com - 21 Juni 2023

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Status pandemi Covid-19 atau Corona yang melanda Indonesia resmi dicabut Presiden Joko Widodo (Jokowi) lewat YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (21/6/2023).

Dengan begitu, saat ini Indonesia telah memasuki masa endemi Covid-19.

"Sejak hari ini, Rabu, 21 Juni 2023, pemerintah memutuskan untuk mencabut status pandemi," kata Jokowi.

Untuk diketahui, kasus Corona di Indonesia pertama kali terjadi pada Maret 2020. Kala itu, pemerintah juga melakukan berbagai upaya guna mencegah penyebaran virus asal Wuhan, China tersebut.

Salahsatunya dengan  menerapkan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB. Setelah itu, pemerintah menetapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Akan tetapi kebijakan PPKM telah lebih dulu  dicabut pada akhir tahun lalu. Selain itu, pemerintah juga mulai mengakhiri kebijakan wajib masker di tempat umum, termasuk di transportasi publik.

Sebelumnya, Jokowi juga sempat memberikan sinyal soal pengumuman Indonesia akan masuk ke masa endemi dimana pemerintah tidak lagi menanggung biaya perawatan jika terkena COVID.

"Ini dalam seminggu dua minggu ini, akan kita nyatakan kita masuk ke endemi. Ini hati-hati kalau udah masuk endemi, kalau kena Covid-19 bayar," kata Jokowi pada acara Rapimnas Barisan Relawan Jalan Perubahan di Hotel Salak, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (18/6) lalu.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close