Sondang Tampubolon dan Kementerian Investasi/BKPM Beri Sosialisasi OSS ke Warga Kramat Jati, Jaktim

Nusantaratv.com - 07 Agustus 2023

Sondang Tampubolon dan Kementerian Investasi/BKPM beri sosialisasi OSS ke warga Kramat Jati, Jaktim/Wira Ginting
Sondang Tampubolon dan Kementerian Investasi/BKPM beri sosialisasi OSS ke warga Kramat Jati, Jaktim/Wira Ginting

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - Anggota Komisi VI DPR-RI dari fraksi PDI Perjuangan, Sondang Tampubolon bersama Kementerian Investasi Badan Koordinasi Penanaman Modal melakukan sosialisasi mengenai pentingnya Online Single Submission (OSS) bagi pelaku usaha UKM di sektor industri dan non industri.

Dalam sosialisasi bertema "Bimbingan Teknis Klinik Fasilitasi Perizinan Berusaha pada Sistem Online Single Submission Pelaku Usaha UMK Sektor Industri dan Non Industri Tahun Anggaran 2023", Sondang mengatakan pentingnya sebuah perizinan berusaha setelah pemeritah mengeluarkan Undang-Undang Cipta Kerja pada 2021 lalu.

"Ini penting sekali pasca terbentuknya UU Cipta Kerja tahun 2021 dimana semua perizinan berusaha itu dipusatkan di Kementerian Investasi/BKPM melalui Online Single Submission (OSS)." ujar Sondang Tampubolon di kawasan Kramat Jati, Jakarta Timur (7/8/2023).

Sosialisasi ini disampaikan tak lain agar masyarakat mengerti dan memahami bagaimana mengurus perizinan dalam berusaha, khususnya untuk sektor UKM.

"Kami menangkap aspirasi dari masyarakat khususnya dapil saya di Jakarta Timur bahwa masih banyak masyarakat yang tidak mengerti bagaimana cara mengurus izin dan ternyata ini sudah satu pintu." jelas Sondang. 

Selain untuk mengetahui, sosialisasi OSS juga untuk mengetahui apakah usaha yang dilakukan masyarakat, khususnya di Dapil Sondang yakni Jakarta Timur, sudah terdata di Kementerian Investasi/BKPM.

"Bagaimana mekanisme izin-izin pengurusan izin berusaha supaya masyarakat bisa mengetahui dan melaksanakan perizinan dengan baik dan usaha mereka bisa terdata dengan baik oleh pemerintah terutama Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di tengah masyarakat." sambungnya.

Sondang menambahkan bahwa tanggapan masyarakat terhadap sosialisasi mengenai OSS tersebut cukup baik. Selain itu mereka juga  mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini.

"Mereka juga nanti berkomitmen memberitahukan dan kami juga akan mengundang tokoh-tokoh masyarakat untuk hadir di acara sosialisasi ini," ujarnya.

"Kita berharap UKM ini semakin tumbuh subur, tumbuh mengakar dan berbuah lebat. Karena tidak cukup jumlahnya yang banyak UKM ini tetapi kita harapkan buahnya juga banyak dan kita bisa menaikkan kelas seperti di China yang pertumbuhan ekonominya banyak ditopang oleh UKM." tutup Sondang Tampubolon.

Sosialisasi Online Single Submission (OSS) Kementerian Investasi/BKPM disampaikan oleh Septiria Cristina selaku Direktur Pelayanan Perizinan Usaha Sektor Industri Kementerian Investasi/BKPM.**

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close