Sondang Tampubolon Ajak Warga Jakarta Timur Lestarikan Batik

Nusantaratv.com - 09 Mei 2023

Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Sondang Tampubolon berkolaborasi dengan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Jakarta Timur menggelar kegiatan 'Membatik Bersama', pada Selasa (9/5/2023). (Foto: Mario Sijabat)
Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Sondang Tampubolon berkolaborasi dengan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Jakarta Timur menggelar kegiatan 'Membatik Bersama', pada Selasa (9/5/2023). (Foto: Mario Sijabat)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Batik merupakan warisan budaya yang harus dilestarikan. Salah satu cara melestarikannya yakni dengan cara praktik membatik langsung.

Hal itu dikatakan Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Sondang Tampubolon. Dia menginisiasi kegiatan 'Membatik Bersama' yang berkolaborasi dengan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Jakarta Timur.

"Kenapa saya menginisiasi kegiatan 'Membatik Bersama' khususnya di daerah pemilihan saya di Jakarta Timur? Karena saya ingin bagaimana masyarakat DKI Jakarta, khususnya Jakarta Timur itu ikut melestarikan warisan budaya bangsa. Kita jangan mau warisan budaya kita diklaim oleh negara lain maupun bangsa lain. Kita harus bangga dengan warisan budaya itu," kata Sondang Tampubolon di Boutique Elemwe, Jalan Balai Pustaka Barat, Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur, Selasa (9/5/2023).

Menurutnya, kegiatan 'Membatik Bersama' ini merupakan perwujudan dari Trisakti Bung Karno, yaitu berkepribadian dalam bidang kebudayaan.

"Saya berharap acara 'Membatik Bersama' di wilayah Jakarta Timur ini bisa menularkan kepada seluruh lapisan elemen masyarakat, tidak hanya ibu-ibu, tapi juga ada bapak-bapaknya. Kita harap juga nanti kaum milenial, anak-anak muda juga senang membatik, dan senang menggunakan produk dalam negeri yaitu batik," lanjutnya.

Sondang Tampubolon menegaskan untuk bisa melekatkan budaya, terutama batik harus dilakukan secara konsisten serta berkelanjutan, dan harus berkolaborasi dengan sejumlah elemen masyarakat.

"Melekatkan budaya itu tidak bisa dilakukan hanya sekali, tapi harus berulang-ulang dan bersama-sama. Dan tidak hanya sendiri, tapi harus berkolaborasi dari berbagai elemen, baik organisasi, komunitas dan lain sebagainya. Inilah mengapa saya menginisiasi acara 'Membatik Bersama'," tambahnya.

"Semoga ini semangatnya membudayakan batik. Kegiatan ini bisa benar-benar tertanam oleh seluruh elemen bangsa kita. Karena tidak melulu bicara tentang politik, tapi politik juga bisa berbicara tentang membangun peradaban, yakni peradaban melestarikan budaya batik," imbuh Sondang Tampubolon.

Senada dengan Sondang Tampubolon, Ketua RW 12, Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur, Muhtar mengatakan kegiatan 'Membatik Bersama' ini menjadi kesempatan bagi warga untuk turut melestarikan budaya bangsa. 

"Alhamdulillah, hari ini kita 'Membatik Bersama' ibu Sondang Tampubolon yang berkolaborasi dengan IWAPI Jakarta Timur. Ini kegiatan sangat positif untuk melestarikan budaya, terutama di Jakarta," ungkap Muhtar.

Selain melestarikan budaya bangsa, kata dia, kegiatan 'Membatik Bersama' ini juga bisa membantu ekonomi keluarga.

"Selain melestarikan budaya bangsa, kegiatan ini juga bisa membantu ekonomi warga jika dilakukan dengan sungguh-sungguh. Ini sangat bagus karena hampir semua warga dari seluruh RW yang ada di Kelurahan Rawamangun hadir. Semoga kegiatan ini ada kelanjutannya. Sehingga kita punya cluster-cluster membatik, dengan begitu bisa menjadi penghasilan warga, terutama ibu-ibunya," tukas Muhtar.

Kegiatan 'Membatik Bersama' ini juga dihadiri Camat Pulogadung, yang diwakili Kasie Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kecamatan Pulogadung Iruswandi, Lurah Rawamangun Hery Kurniawan, dan Ketua Bidang Pendidikan IWAPI Jakarta Timur Lily Elemwe.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])