Soal Gaza, Wapres Ma'ruf: Bukan Konflik Agama, Tapi Butuh Kontribusi Pemimpin Agama

Nusantaratv.com - 23 November 2023

Wapres Ma'ruf Amin.
Wapres Ma'ruf Amin.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin turut membahas konflik di Gaza saat bertemu dengan Uskup Agung Athena dan seluruh Yunani, Ieronymos II. Ma'ruf berbelasungkawa atas serangan Israel ke Gereja Ortodoks Yunani di Gaza.

"Pertama, saya ingin sampaikan belasungkawa atas serangan udara Israel terhadap Gereja Ortodoks Yunani di Gaza, Santo Porfirius pada tanggal 19 Oktober 2023," ujar Ma'ruf dalam pertemuan di Holy Archdiose of Athens, Yunani, Kamis (23/11/2023).

Ia mengatakan, posisi Indonesia sangat tegas mengecam keras serangan terhadap masyarakat sipil dan fasilitas umum di Gaza. Ma'ruf khawatir akan situasi global yang tak menentu akibat perang di Gaza.

"Jika kekerasan di Gaza terus dibiarkan, Indonesia khawatir ini akan menimbulkan instabilitas regional dan bahkan global," kata Ma'ruf.

Ia turut meminta agar kekerasan dihentikan dan penyaluran bantuan kemanusiaan harus menjadi prioritas. Selain itu, dia menyampaikan bahwa konflik di Gaza bukan konflik agama namun membutuhkan kontribusi dari pemuka agama untuk menyelesaikannya.

"Konflik ini bukanlah konflik agama, namun dibutuhkan kontribusi bersama termasuk dari pemimpin agama untuk penyelesaiannya," kata Ma'ruf. 

Turut mendampingi Ma'ruf Amin dalam pertemuan ini yaitu Duta Besar Indonesia untuk Yunani Bebeb Nugraha Djundjunan, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Wakil Presiden Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wakil Presiden Masykuri Abdillah, dan Staf Khusus Wakil Presiden dan Zumrotul Mukaffa.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close