SMP Tarakanita 2 Jakarta Gelar PjBL Exhibition dan Selebrasi P5

Nusantaratv.com - 15 Juni 2023

PjBL Exhibition dan Selebrasi P5 SMP Tarakanita 2 Jakarta. (Net)
PjBL Exhibition dan Selebrasi P5 SMP Tarakanita 2 Jakarta. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - SMP Tarakanita 2 Jakarta kembali menggelar pameran PjBL Exhibition secara offline. Acara ini digelar selama dua hari, yakni 13 Juni dan 14 Juni 2023, di Pluit Village Mall, Penjaringan, Jakarta Utara. Acara PjBL Exhibition kali ini mengusung tema “Lead The Transformation”. 

Kegiatan ini diikuti oleh peserta didik kelas VII, VIII, dan IX. Tujuan diadakannya kegiatan pameran PjBL untuk menumbuhkan kemampuan bernalar kritis dalam semangat gotong-royong, dan terbentuknya kesadaran untuk berkolaborasi, serta menumbuhkan kreativitas dalam berkreasi. Kegiatan ini, merupakan bentuk apresiasi terhadap hasil karya peserta didik selama kurang lebih satu tahun pembelajaran.

Dalam kegiatan tersebut, SMP Tarakanita 2 kembali bekerja sama dengan pihak Pluit Village Mall untuk menggelar acara sekolah, yang sebelumnya menggelar pembuatan Eco-enzyme dalam kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Acara inti dari kegiatan PJBL Exhibition yakni pameran produk hasil karya peserta didik, talkshow, dan pentas seni. 

Acara dimeriahkan 13 stand, yaitu 6 stand pameran karya outcome Cc5+ Tarakanita (compassion, celebration, competence, conviction, creativity, dan community), 4 stand pameran karya sains, sosial, sastra, dan seni. Tak ketinggalan juga dimeriahkan 3 stand P5 oleh peserta didik kelas VII.

Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, Erna Wijayanti menegaskan tentang kegiatan pembelajaran berbasis proyek (PjBL) sebagai salah satu ciri pembelajaran di SMP Tarakanita 2. 

"Dengan PjBL siswa mampu menghubungkan kompetensi antar mata pelajaran, menginternalisasikan berbagai kecakapan hidup, dan diaplikasikan di dunia nyata, terutama dalam mensolusikan berbagai problem yang dihadapi," kata Erna kepada wartawan, Kamis (15/6/2023). 

Senada, Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, Maria Dian Putriyanti mengatakan siswa saat ini lebih mandiri, percaya diri, dan berkolaborasi dalam mengerjakan proyek.

"Siswa semakin peduli dengan teman-temannya termasuk menyadari bahwa kecepatan belajar mereka berbeda-beda, kemempuan mereka berbeda-beda, oleh karena itu mereka perlu peduli dalam hal belajar," tandas Maria.

Menariknya lagi, dalam acara ini, ada penuangan Eco-enzyme yang diwakilkan oleh beberapa peserta didik kelas VII sebagai bentuk selebrasi P5. Bersyukur atas kehidupan dari "Ibu Bumi” lewat program-program merawat alam dan lingkungan hidup di sekitar kita. 

"Kegiatan ini tidak hanya diselenggarakan untuk SMP Tarakanita 2 secara internal, tetapi juga dibuka untuk umum," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close