Sisi dan Erdogan Berjabat Tangan Saat Hadir di Pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar, Awal Hubungan Baru Mesir-Turki

Nusantaratv.com - 22 November 2022

Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan berjabat tangan di Qatar saat hadir untuk menyaksikan pembukaan Piala Dunia 2022. (Anadolu Agency)
Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan berjabat tangan di Qatar saat hadir untuk menyaksikan pembukaan Piala Dunia 2022. (Anadolu Agency)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan berjabat tangan di Qatar saat hadir menyaksikan pembukaan Piala Dunia 2022.

Mesir mengatakan pertemuan kedua pemimpin di Doha akan menjadi awal baru dalam mengembangkan hubungan bilateral antara Kairo dan Ankara, setelah bertahun-tahun dilanda ketegangan.

Seorang juru bicara kepresidenan mengatakan bahwa jabat tangan antara kedua pemimpin mencerminkan kedalaman hubungan kedua negara. "Disepakati bahwa ini akan menjadi awal dari pengembangan hubungan bilateral," ujar juru bicara kepresidenan, seperti dilaporkan Anadolu Agency, Senin (21/11/2022).

Diketahui, hubungan Ankara dengan Kairo mengalami ketagangan sejak Sisi, yang saat itu menjabat Panglima Militer Mesir, memimpin penggulingan Mohamed Mursi dari Ikhwanul Muslimin pada 2013, yang mendapat dukungan kuat Erdogan.

Kedua negara memulai konsultasi antara pejabat senior Kementerian Luar Negeri tahun lalu di tengah desakan Turki untuk meredakan ketegangan dengan Mesir, Uni Emirat Arab (UEA), Israel, dan Arab Saudi.

Para pejabat Mesir telah menyatakan kehati-hatian atas pemulihan hubungan apa pun, meskipun Erdogan mengatakan pada Juli tidak ada alasan pembicaraan tingkat tinggi tidak boleh dilakukan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])