Singapura Turut Bangga, Jenderal Andika Perkasa Dapat Penghargaan Militer Bergengsi dari Negara Tetangga

Nusantaratv.com - 12 Juni 2022

Prestasi Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa membuat Singapura memberikan penghargaan militer bergengsi. (Mindev.gov.sg)
Prestasi Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa membuat Singapura memberikan penghargaan militer bergengsi. (Mindev.gov.sg)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mendapat penghargaan militer bergengsi dari militer Singapura. 

Penghargaan itu diberikan atas kinerjanya dalam mempererat hubungan Angkatan Darat (AD) Indonesia dan Singapura. Jenderal Andika Perkasa berada di Singapura dari 7-11 Juni guna melakukan kunjungan perkenalannya sekaligus menghadiri Dialog Shangri-La ke-19.

Sebagai bagian dari program kunjungannya, Jenderal Andika Perkasa mengunjungi Pusat Penggabungan Informasi dan Fasilitas Informasi Kontra-Terorisme di Pangkalan Angkatan Laut Changi pada 8 Juni 2022.

Tak hanya kunjungan kerja, mantan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (2014-2016) itu mendapat kehormatan dari negara Singapura. Jenderal Andika Perkasa dianugerahi penghargaan militer bergengsi Singapura, Pingat Jasa Gemilang (Tentera) atau Medali Layanan Berjasa (Militer) [MSM(M)], oleh Presiden Halimah Yacob, seperti dikutip dari Kementerian Pertahanan Singapura, mindef.gov.sg.

Menteri Pertahanan Dr Ng Eng Hen menyerahkan penghargaan tersebut kepada Jenderal Andika Perkasa pada acara pelantikan yang diadakan di Kementerian Pertahanan (MINDEF) pada 8 Juni 2022 sore waktu setempat.

Jenderal Andika Perkasa yang kini menjabat Panglima TNI dianugerahi penghargaan atas jasanya Sebagai Kepala Staf Angkatan Darat Indonesia (KASAD) dari 2018 hingga 2021. Jenderal Andika Perkasa dianugerahi penghargaan atas kontribusinya yang signifikan dalam memperkuat hubungan pertahanan antara Angkatan Darat Singapura dan Angkatan Darat Indonesia.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa melakukan kunjungan perkenalan ke Singapura dan menerima penghargaan militer bergengsi. (mindef.gov.sg)

Di bawah kepemimpinan Jenderal Andika Perkasa, Angkatan Darat Singapura dan Angkatan Darat Indonesia telah memperluas kerjasama pertahanan bilateral dan meningkatkan hubungan masyarakat melalui pertukaran profesional antara kedua Angkatan Darat.

Terlepas dari tantangan yang ditimbulkan akibat pandemi Covid-19, kedua Angkatan Darat tetap dapat beradaptasi dan berhasil menyelesaikan latihan unggulan bilateral seperti Latihan Safkar Indopura dan Latihan Chandrapura, yang merupakan bukti kuat komitmen Singapura dan Indonesia untuk memperkuat hubungan pertahanan.

Sebelum dianugerahi penghargaan, Jenderal Andika Perkasa bertemu Dr Ng dan Kepala Angkatan Pertahanan Letnan Jenderal (LG) Melvyn Ong setelah memeriksa Penjaga Kehormatan di MINDEF. Selain itu, Jenderal Andika Perkasa juga bertemu Perdana Menteri (PM) Lee Hsien Loong di Istana.

Pada Kamis, 9 Juni 2022, Jenderal Andika Perkasa bersama-sama memimpin Pertemuan Laporan Tahunan Gabungan ke-23 Komite Tingkat Tinggi Indonesia-Singapura dengan LG Ong. Pria lulusan Akademi Militer (Akmil) 1987 itu menjelaskan cara mempererat hubungan Angkatan Bersenjata kedua negara.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close