Sidang Praperadilan Firli Bahuri Digelar Pada 11 Desember

Nusantaratv.com - 24 November 2023

Ketua KPK Firli Bahuri dan eks Mentan Syahrul Yasin Limpo.
Ketua KPK Firli Bahuri dan eks Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Penulis: Mochammad Rizki

​​​​​​Nusantaratv.com - Ketua KPK Firli Bahuri mengajukan gugatan praperadilan perihal penetapan status tersangka oleh Polda Metro Jaya dalam kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). Sidang perdana sidang praperadilan digelar 11 Desember 2023.

"Sidang pertama, 11 Desember 2023," tulis SIPP PN Jaksel, Jumat (24/11/2023).

Gugatan tersebut teregister dengan nomor 129/Pid.Pra/2023/PN JKT.SEL. Gugatan didaftarkan hari ini.

"129/Pid.Pra/2023/PN JKT.SEL.Sah atau tidaknya penetapan tersangka pemohon Komisaris Jenderal Polisi Purn Firli Bahuri Termohon Kepala Kepolisian Polda Metro Jaya," tulis SIPP.

Duduk sebagai pemohon Firli Bahuri dan tergugat Kapolda Metro Jaya.

Diketahui, Polda Metro Jaya telah menetapkan Ketua KPK Firli Bahuri sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL). Polisi menyebut ada beberapa kali pertemuan ketika terjadi penyerahan uang dalam kasus ini.

"Pada prinsipnya, dalam penyidikan dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi, setidaknya kami dari tim penyidik menemukan fakta terjadi beberapa kali pertemuan dan diduga terjadi penyerahan uang," ujar Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak dalam konferensi pers, Jumat (24/11/2023).

Tapi Ade belum menjelaskan siapa yang melakukan pertemuan tersebut. Selain itu, Ade belum menyebut berapa banyak uang yang diserahkan dan siapa pihak pemberi serta penerima uang itu.

Ade mengatakan penyidik akan kembali memeriksa Firli sebagai tersangka. Pemeriksaan akan dilakukan pada pekan depan. Selain itu, pihak kepolisian bakal memeriksa saksi lain terkait kasus yang ada.

Polda Metro Jaya sebelumnya telah menetapkan Firli sebagai tersangka dugaan pemerasan SYL. Polisi juga menyita dokumen penukaran valas senilai Rp 7,4 miliar.

"Dokumen penukaran valas dalam pecahan SGD dan USD dari beberapa outlet money changer dengan nilai total Rp 7.468.711.500 (miliar) sejak Februari 2021 sampai September 2023," tandas Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Rabu (22/11/2023) malam.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close