Sidak Apotek, Kim Jong-un Maki-maki Pejabat Korut Lamban Tangani Covid

Nusantaratv.com - 17 Mei 2022

Kim Jong-un bermasker. (Net)
Kim Jong-un bermasker. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, melakukan sidak ke salah satu apotek di Pyongyang, Senin (16/5/2022), perihal ketersediaan obat-obatan Covid-19.

Dalam sidak, Kim Jong-un mendamprat sejumlah pejabatnya terutama di sektor kesehatan, yang dianggap lambat dalam penanganan pandemi Covid-19.

Ia menilai para pejabat di sektor kesehatan tidak bertanggung jawab terhadap penyebaran kasus Covid-19 yang semakin cepat di negaranya. 

Kritiknya yang paling tajam terhadap pejabat kesehatan ialah kegagalan mereka untuk memerintahkan apotek buka 24 jam selama kasus Covid-19 'meledak'.

Mengutip AFP, Kim Jong-un turut mengkritik distribusi obat-obatan yang tidak merata selama kasus Covid-19.

Dia menyinggung kurangnya obat-obatan yang diperlukan, termasuk juga penjual obat yang tak menggunakan pakaian pelindung yang layak. Kim Jong-un juga mengatakan kebersihan di apotek masih di bawah standar.

Dalam media pemerintah Korut KCNA mengatakan, obat-obatan yang dibeli negara tak menjangkau masyarakat secara akurat dan tepat waktu.

Kondisi ini membuat Jong-un buru-buru memerintahkan penempatan pasukan dari unit medis militer guna menstabilkan suplai obat-obatan di Kota Pyongyang.

Di samping itu, Kim Jong-un turut mengatakan beberapa apotek di Korut tidak memiliki peralatan yang cukup untuk menjalankan tugas mereka dengan baik, kendati pihak berwenang sudah memerintahkan distribusi cadangan obat nasional.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])