Siaran TV Digital Harus Disertai dengan Edukasi Terhadap Masyarakat

Nusantaratv.com - 30 Juli 2022

Sosialisasi ASO di Bandung, Jawa Barat.
Sosialisasi ASO di Bandung, Jawa Barat.

Penulis: Saifal Ode

Nusantaratv.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar diskusi virtual di Bandung, Jawa Barat (Jabar), di salah satu hotel di Bandung, pada Kamis (28/7/2022).

Diskusi tersebut membahas Analog Switch Off (ASO) dan seremony penyerahan bantuan set top box (STB). Anggota DPR RI Komisi I Junico BP Siahaan mengatakan, diskusi ini merupakan bagian dari sosialisasi untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) dalam pelaksanaan ASO.

Menurutnya, tidak mungkin ada perkembangan yang sangat signifikan di bidang teknologi jika sumber daya manusianya tidak disiapkan. "Tidak mungkin ada perkembangan digital yang sangat signifikan kalau tidak disertai dengan literasinya, jadi percuma lah punya teknologi canggih kalau manusianya tidak disiapkan," kata Junico Siahaan dalam diskusi virtual tersebut.

Junico juga menjelaskan bahwa ASO sudah dimulai sejak tahun 2007. "Jadi kalau bisa dilihat itu dimulai di tahun 2007, jadi sudah dimulai tahun 2007," urainya.

Junico juga memberikan contoh negara-negara tetangga sudah melakukan ASO sejak tahun 2019. Seperti diketahui siaran TV digital menghasilkan gambar siaran yang lebih bersih, suara yang lebih jernih, dengan teknologi yang semakin canggih.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close