Siap-siap! Vaksin Booster Bakal Jadi Syarat Mudik Lebaran

Nusantaratv.com - 23 Maret 2022

Ilustrasi mudik lebaran. (Net)
Ilustrasi mudik lebaran. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Pemerintah berencana menjadikan vaksin Covid-19 dosis lanjutan atau booster, syarat mudik pada libur Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah atau 2022 masehi. Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin memandang booster mampu menjadi paramater prasyarat baru seiring dengan pemerintah yang mulai meniadakan hasil pemeriksaan Covid-19 sebagai syarat perjalanan domestik sejak 8 Maret lalu.

"Dan kemudian juga booster. Bahkan nanti booster kita jadikan syarat kalau nanti orang mau mudik. Sehingga tak perlu lagi ada semacam di tes PCR atau di Antigen," ujar Ma'ruf di Bandung, Senin (22/3/2022).

Wapres mengingatkan warga untuk segera mengakses vaksinasi lengkap primer atau dua dosis. Vaksinasi, kata dia, merupakan salah satu upaya mewujudkan kekebalan komunitas alias herd immunity dengan cara menciptakan antibodi yang tinggi terhadap Covid-19 di tengah masyarakat.

Ma'ruf lalu mengimbau bagi masyarakat yang masuk kategori warga lanjut usia (lansia) dan belum mendapatkan vaksin lengkap untuk segera melakukan vaksinasi dosis kedua dan ketiga.

"Karenanya vaksinasi jadi penting," ucapnya. 

Di sisi lain, Ma'ruf mengklaim pandemi Covid-19 di Indonesia sudah mulai menunjukkan tren penurunan kasus dan hampir bisa dikendalikan. Ia mencontohkan bahwa protokol kesehatan di masjid kini mulai dilonggarkan lantaran kasus mulai terkendali.

Meski begitu, Ma'ruf meminta agar penyelenggaraan ibadah tetap menaati protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan mencuci tangan.

"Maka tempat ibadah pun sudah mulai diberikan kelonggaran dan sudah ada fatwa dari Majelis Ulama Indonesia untuk bisa menyelenggarakan ibadah seperti biasa," tandasnya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close