Siap-siap Kekeringan, Ini 32 Provinsi yang Bakal Dihantam El Nino

Nusantaratv.com - 30 April 2023

Kemarau panjang di Indonesia
Kemarau panjang di Indonesia

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Kemarau panjang bakal melanda Indonesia pada bulan Mei dan puncaknya, sebanyak 32 dari total 34 provinsi akan dilanda kekeringan pada Agustus 2023 mendatang.

El Nino atau kemarau panjang merupakan fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normal Samudera Pasifik yang diprediksi akan melanda Indonesia pada Agustus 2023 mendatang.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Menko Luhut Binsar Pandjaitan meminta seluruh pemerintah daerah bersiap untuk menghadapi kemarau panjang yang akan menyebabkan kekeringan di Indonesia.

Berdasarkan pengalaman pada tahun 2015 silam,  El Nino mampu menyebabkan dampak kekeringan yang luas di Tanah Air, termasuk juga kebakaran hutan dan lahan.

Bahkan, kekeringan ini juga akan membuat produksi pangan terdampak sehingga sangat berpotensi meningkatkan angka inflasi. Karena itu, Luhut meminta kepada seluruh pemerintah daerah untuk melakukan upaya mitigasi dan antisipasi sejak bulan Mei 2023.

"Saya meminta seluruh K/L terkait juga pemerintah daerah untuk mulai bersiap sejak dini, memperhitungkan segala langkah yang mesti ditempuh agar pengalaman buruk delapan tahun lalu tidak terulang kembali. Setidaknya sejak saat ini kami menyiapkan teknologi modifikasi cuaca sebagai senjata menghadapi El Nino," tulisnya dalam unggahan di akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, dikutip Minggu (30/4/2023).

Sebelumnya, Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jarot Widyoko menyampaikan, indikasi kekeringan itu dapat dilihat dari cuaca, dimana tingkat intensitas hujan yang berada di bawah 100 mm per bulan.

"Sudah kami ringkas, di bulan Maret ada 4 provinsi dimana intensitas hujannya di bawah 100 mm. Ini sudah masuk kekeringan," kata Jarot.

Jarot mengatakan, jumlah itu akan terus bertambah jadi 8 provinsi pada April, 19 provinsi di Mei, 21 provinsi di Juni, dan 29 provinsi pada Juli 2023.

Puncaknya, pada bulan Agustus nanti sebanyak 32 provinsi bakal mengalami kekeringan parah. Tercatat hanya Riau dan Papua Barat saja yang punya intensitas hujan di atas 100 mm per bulan.

Berikut daftar 32 provinsi yang akan diterjang kekeringan pada Agustus 2023:

1. Sumatera
- Aceh
- Bangka Belitung
- Bengkulu
- Kepulauan Riau
- Jambi
- Sumatera Barat
- Sumatera Utara
- Lampung
- Sumatera Selatan

2. Jawa
- Banten
- DKI Jakarta
- Jawa Barat
- Jawa Tengah
- DI Yogyakarta
- Jawa Timur

3. Kalimantan
- Kalimantan Barat
- Kalimantan Tengah
- Kalimantan Selatan
- Kalimantan Timur dan Utara

4. Sulawesi
- Sulawesi Selatan
- Sulawesi Tengah
- Sulawesi Tenggara
- Gorontalo
- Sulawesi Utara

5. Bali dan Nusa Tenggara
- Bali
- Nusa Tenggara Barat (NTB)
- Nusa Tenggara Timur (NTT)

6. Maluku dan Papua
- Maluku
- Maluku Utara
- Papua
- Papua Selatan 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])