Siaga Invasi China, Taiwan Terbitkan Buku Pegangan Skenario Perang untuk Warga Sipil

Nusantaratv.com - 12 April 2022

Ilustrasi bendera Taiwan. (Reuters)
Ilustrasi bendera Taiwan. (Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Militer Taiwan menerbitkan buku pegangan tentang pertahanan sipil untuk pertama kalinya pada Selasa (12/4/2022).

Buku itu memberikan panduan terkait kelangsungan hidup warga dalam skenario perang, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (12/4/2022). Buku pegangan itu juga memerinci cara menemukan tempat perlindungan bom melalui aplikasi ponsel cerdas, persediaan air dan makanan, serta tips untuk menyiapkan kotak P3K darurat.

Perencanaan untuk buku pegangan itu mendahului serangan Rusia terhadap Ukraina, sehingga  memicu perdebatan tentang implikasinya bagi Taiwan dan cara-cara untuk meningkatkan kesiapsiagaan, seperti reformasi pelatihan pasukan cadangan.

"(Kami) memberikan informasi tentang bagaimana warga harus bereaksi dalam krisis militer dan kemungkinan bencana yang akan datang," Liu Tai-yi, seorang pejabat dari unit Mobilisasi Pertahanan Habis-habisan Kementerian Pertahanan Taiwan.

Dia menambahkan buku pegangan itu akan memungkinkan kesiapan keselamatan dan membantu orang untuk bertahan hidup. Liu menyebutkan buku pegangan yang diambil dari panduan serupa yang Swedia dan Jepang keluarkan, akan diperbarui lebih lanjut dengan informasi lokal, seperti tempat penampungan, rumah sakit, dan toko untuk kebutuhan sehari-hari.

Buku pegangan ini menggunakan komik dan gambar dengan tips untuk bertahan dari serangan militer, seperti bagaimana membedakan sirene serangan udara dan cara untuk berlindung dari rudal.

Taiwan belum melaporkan tanda-tanda invasi segera yang direncanakan China, tetapi telah meningkatkan tingkat siaganya sejak awal perang di Ukraina, yang disebut Moskow sebagai 'operasi militer khusus'.  (Annissya Chusnul Khotimah)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close