Sholat Idulfitri di Balai Kota Bersama Warga, Heru Budi Tegaskan Keberagaman Umat sebagai Kekuatan Bangsa

Nusantaratv.com - 22 April 2023

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melaksanakan ibadah sholat Idulfitri 1444 Hijriah di halaman Balai Kota DKI Jakarta bersama masyarakat dan para pejabat di lingkungan Pemprov DKI. (Istimewa/PPID DKI Jakarta)
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melaksanakan ibadah sholat Idulfitri 1444 Hijriah di halaman Balai Kota DKI Jakarta bersama masyarakat dan para pejabat di lingkungan Pemprov DKI. (Istimewa/PPID DKI Jakarta)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melaksanakan ibadah sholat Idulfitri 1444 Hijriah di halaman Balai Kota DKI Jakarta bersama masyarakat dan para pejabat di lingkungan Pemprov DKI.

Sholat Idulfitri dipimpin Imam Ustad Deden M. Ramdan dan Khotib Prof. Dr. KH Oman Fathurahman yang merupakan Guru Besar Filologi FAH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan pengasuh Pondok Pesantren Al-Hammidiyah Depok.

Usai sholat Idulfitri, Heru Budi mengucapkan selamat Idulfitri 1444 Hijriah kepada seluruh umat muslim di Jakarta. "Kami dari Pemprov DKI Jakarta mengucapkan selamat Idulfitri 1444 Hijriah. Selamat berkumpul dengan keluarga di hari kedua dan ketiga Lebaran," ujar Heru Budi dalam siapan pers PPID DKI Jakarta, Sabtu (22/4/2023).

Dia turut menyampaikan, makna Idulfitri yang diharapkan memberikan semangat dalam menghadapi tantangan ke depan. "Makna Idulfitri membuat kita tetap semangat menjalankan kehidupan, semangat menjalankan tugas-tugas yang memang cukup menantang untuk kita," lanjutnya.

Heru Budi juga turut menanggapi khotbah Idulfitri yang dibawakan KH Oman Fathurahman terkait pentingnya keragaman untuk kekuatan bagi bangsa Indonesia untuk tetap berdiri teguh. "Keragaman itu menjadi kekuatan bagi kita. Keragaman itu menjadi kekuatan bagi bangsa Indonesia," tambahnya.

Sementara itu, KH Oman Fathurahman dalam khotbahnya mengatakan, salah satu tantangan terbesar sebagai masyarakat majemuk adalah keberagaman tafsir keagamaan yang seringkali melahirkan potensi konflik yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan.

"Untuk itu, mari kita jadikan idulfitri ini sebagai momentum agar kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik, bisa menjadi umat yang lebih fitri, bisa menjadi bangsa yang lebih berbudi, yang lebih mengedepankan kebersamaan, gotong royong, guyub, daripada pertikaian dan perselisihan," terang KH Oman.

Dia melanjutkan, sebagai sebuah bangsa, seluruh umat harus punya tekad dan persepsi yang sama agar lulus menjalani ujian. Serta harus menjadi individu yang lebih baik, menjadi masyarakat yang lebih santun, dan menjadi bangsa yang lebih maju. 

"Kita meyakini bahwa keberagaman manusia adalah anugerah dari Allah SWT yang dicipta sebagai ujian agar kita saling mengenal dan saling belajar untuk menggapai derajat takwa," imbuhnya.

Usai menjalankan sholat Idulfitri, Heru Budi dan istri, Mirdiyanti, bersama para pejabat di lingkungan Pemprov DKI turun langsung menyapa warga yang hadir di Balai Kota dengan bersalam-salaman.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])