Sering Kecelakaan, Jalur Layang Kereta Bakal Banyak Dibangun

Nusantaratv.com - 18 Januari 2024

Ilustrasi. (Net)
Ilustrasi. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mau pembangunan jalur kereta layang alias elevated digenjot. Infrastruktur tersebut diprioritaskan untuk dibangun di kawasan-kawasan dengan lalu lintas padat.

Langkah itu dilakukan dalam mengantisipasi kecelakaan di perlintasan kereta sebidang. Adapun sebelumnya, telah terjadi tiga kecelakaan kereta api di tiga lokasi yang berbeda pada 14 Januari kemarin. Ketiganya merupakan kecelakaan tabrakan dengan mobil di perlintasan sebidang.

"Jangka panjang kita harapkan pada jalur-jalur yang nanti yang sibuk itu seyogyanya elevated sehingga tidak terjadi (kecelakaan di perlintasan sebidang)," ujar Budi Karya di Kompleks DPR RI, Jakarta Pusat, Kamis (18/1/2024).

Ia mencontohkan jalur KA di sejumlah titik Jakarta yang terbentang dari Stasiun Manggarai sampai ke Stasiun Jayakarta. Tapi ia menekankan, hal ini merupakan rencana jangka panjang karena membutuhkan biaya yang besar.

"Tapi itu jangka panjang. Karena biayanya mahal. Seperti yang di Jakarta itu elevated semua," kata dia.

Di samping itu, dalam jangka pendeknya juga akan didorong pembangunan jalur kereta ganda atau double track. Hal ini juga berkaca dari insiden tabrakan adu banteng antara Kereta Api (KA) Turangga relasi Bandung-Surabaya dengan KA Commuterline Bandung Raya pada 5 Januari lalu karena keduanya berada di jalur tunggal atau single track.

"Bahkan di Jakarta itu kan ada double-double track (4 jalur bisa dilalui bersamaan). Jadi itu yang akan kita lakukan," jelas dia.

Senada, Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati juga menekankan bahwa pengembangan jalur-jalur kereta api menjadi elevated merupakan rencana jangka panjang. Langkah ini dilakukan dalam upaya menjaga keselamatan.

"Elevated jangka panjang, tapi kita melihatnya selektif yang kepadatannya tinggi dan harus diidentifikasi dulu," ujarnya, ditemui terpisah.

Di samping itu, pembangunan jalur-jalur elevated sendiri telah dilakukan di beberapa kota selain Jakarta. Seperti contohnya di Solo yang pembangunannya masih tetap berjalan. Anita menjelaskan, pembangunan jalur ini dilakukan supaya operasi kereta tidak mengganggu lalu lintas.

Sebelumnya, terjadi tiga kecelakaan di perlintasan sebidang kereta api pada Minggu 14 Januari 2023 kemarin. Kejadian-kejadian tersebut yaitu antara mobil dengan KA Gaya Baru Malam Selatan di Kabupaten Klaten, mobil dengan KA Wijayakusuma di Kabupaten Banyuwangi, dan mobil dengan KA Datuk Blambangan di Kota Tebing Tinggi.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close