Serangan Udara Israel di Yaman: 2 Orang Tewas, 80 Lainnya Terluka

Nusantaratv.com - 21 Juli 2024

Serangan udara Israel di Hodeidah, Yaman, pada 20 Juli 2024. (Houthi Media Centre/Handout via Reuters)
Serangan udara Israel di Hodeidah, Yaman, pada 20 Juli 2024. (Houthi Media Centre/Handout via Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Setidaknya dua orang tewas dan 80 lainnya terluka dalam serangan udara Israel di pelabuhan Al Hudaydah di Yaman barat pada Sabtu (20/7/2024).

"Kejahatan musuh Israel yang menargetkan provinsi Al Hudaydah telah menewaskan dua orang dan melukai 80 lainnya, sebagian besar dari mereka mengalami luka bakar parah," kata Kementerian Kesehatan yang berafiliasi dengan Houthi, menurut kantor berita SABA milik kelompok tersebut, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Minggu (21/7/2024).

Sebelumnya, penyiar Al-Masirah melaporkan, serangan udara tersebut menargetkan fasilitas penyimpanan minyak di pelabuhan Al Hudaydah.

Stasiun televisi tersebut juga menayangkan gambar kebakaran besar yang diklaim terjadi setelah serangan udara di pelabuhan kota tersebut.

"Angkatan Udara Israel menyerang target di kota Al Hudaydah di Yaman," situs web Israel Walla mengutip seorang pejabat Amerika Serikat (AS) yang tidak disebutkan namanya.

Sementara itu, tentara Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan di mana pesawat tempurnya melakukan serangan udara yang menargetkan posisi Houthi di pelabuhan Al Hudaydah di Yaman.

"Serangan udara tersebut merupakan respons terhadap ratusan serangan terhadap Israel selama beberapa bulan terakhir," tambahnya.

Houthi telah menargetkan kapal-kapal yang dimiliki, berbendera, dioperasikan oleh Israel, atau menuju pelabuhan Israel di Laut Merah dan Teluk Aden dengan rudal dan pesawat nirawak sebagai bentuk solidaritas dengan Gaza, yang telah berada di bawah serangan gencar Israel yang menghancurkan sejak 7 Oktober 2023.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close