Serangan Kelompok ISIS Tewaskan 6 Orang di Irak

Nusantaratv.com - 24 Mei 2022

Ilustrasi ISIS. (Ahmad Al-Rubaye/AFP/Getty Images)
Ilustrasi ISIS. (Ahmad Al-Rubaye/AFP/Getty Images)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Setidaknya enam orang tewas dan lima lainnya terluka akibat serangan kelompok militan ISIS pada Senin (23/5/2022) di Provinsi Kirkuk dan Diyala, Irak, kata seorang pejabat provinsi dan sumber polisi.

Di provinsi Kirkuk, Irak utara, militan ISIS memanfaatkan badai pasir yang melanda sebagian besar Irak pada hari sebelumnya dan membakar ladang gandum di daerah Taza di luar ibu kota Provinsi Kirkuk, sekitar 250 km utara Baghdad, kata Wali Kota Taza Hussein Adil.

"Kebakaran itu mendorong pasukan gabungan dari polisi Irak dan paramiliter Hashd Shaabi dengan penduduk desa bergegas ke pertanian untuk memadamkan api ketika militan ISIS menembaki mereka, menyebabkan tiga polisi dan dua penduduk desa tewas," kata Adil, dikutip dari Xinhua, Selasa (24/5/2022).

Militan ISIS juga meledakkan bom pinggir jalan di dekat kendaraan polisi, merusak kendaraan tanpa korban jiwa, kata Wali Kota. "Para penyerang melarikan diri dari tempat kejadian setelah pasukan bala bantuan tiba di daerah itu," tambahnya.

Sementara itu, di Provinsi Diyala, Irak timur, militan ISIS menyerang sebuah desa pada malam hari di dekat kota Jalawlaa, sekitar 135 km timur laut Baghdad, menewaskan seorang warga dan melukai lima lainnya, termasuk tiga wanita, kata Mayor Alaa al-Saadi dari polisi di Provinsi Diyala.

Selama beberapa bulan terakhir, pasukan keamanan Irak telah melakukan operasi terhadap militan ISIS untuk menindak aktivitas intensif mereka. Situasi keamanan di Irak telah membaik sejak 2017. Namun, sisa-sisa ISIS sejak itu melebur ke pusat kota, gurun, dan daerah berbatu, dan kerap melakukan serangan gerilya terhadap pasukan keamanan dan warga sipil.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close